INTERMEZO: Ayah, Ibu dan Anak Berulang Tahun di Hari yang Sama

Peluang bayi lahir pada tanggal lahir yang sama dengan orang tua mereka adalah 1/365 kali 1/365. Hasilnya, peluang itu adalah 0,0000000751 atau peluangnya hanya 1 dari 133 ribu kemungkinan.

Rabu, 01 Feb 2017 15:17 WIB

Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Andres Nieto Porras/Wikimedia/Creative Commons)

KBR - Kejadian langka dialami keluarga kecil di negara bagian Carolina Utara, Amerika Serikat. Pasangan suami istri Michael Hall dan Lisa Lowe-Hall yang sama-sama berulang tahun pada 27 Januari lalu mendapat hadiah mengejutkan, yaitu kelahiran bayi pertama tepat di hari ulang tahun mereka.

Karena komplikasi kandungan, dokter terpaksa melakukan operasi cesar terhadap Lisa pada 27 Januari 2017. Bayi perempuan itu lahir sehat, bertepatan dengan hari ulang tahun kedua orang tuanya. Lisa mengaku terkejut dengan fakta mereka bertiga punya tanggal dan bulan lahir yang sama.

Situs ABC7 menyebut peluang seorang anak memiliki tanggal dan bulan kelahiran yang sama dengan kedua orang tua mereka sangat kecil, hanya satu dari 48 juta kemungkinan.

"Saya pikir ini gila, saya berulang tahun yang sama dengan suami dan kini dengan anak saya. Ini benar-benar sangat spesial," kata Lisa.

Pasangan di Mississippi

Kejadian langka serupa juga dialami pasangan suami istri Luke Gardner dan Hillary Gardner, warga negara bagian Mississippi.

Luke dan Hillary tak pernah punya masalah dalam mengingat-ingat hari ulang tahun mereka, karena sama-sama berulang tahun pada 18 Desember. Ternyata, anak pertama mereka juga lahir pada tanggal yang sama, pada 18 Desember 2016 lalu.

CBS memberitakan peluang lahir di tanggal yang sama ini cukup langka, hanya satu dari 133 ribu kemungkinan.

Hillary sebelumnya memperkirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir) anaknya jatuh pada 15 Desember 2016. Sementara dokter kandungan memperkirakan HPL 19 Desember. Ternyata anaknya lahir 18 Desember pukul 8 pagi. Bayi laki-laki itu diberi nama Cade Lee Gardner.

Luke dan Hillary sebelumnya berkenalan lewat media sosial Facebook, karena memiliki tanggal lahir yang sama.

Tumulesh Solanky, Kepala Departemen Matematika di Universitas New Orleans di negara bagian Louisiana menyebutkan peluang seseorang bertemu orang lain yang memiliki tanggal lahir sama adalah 1 banding 365. Sedangkan peluang bayi lahir pada tanggal lahir yang sama dengan orang tua mereka adalah 1/365 kali 1/365.

Hasilnya, peluang itu adalah 0,0000000751 atau peluangnya hanya 7,5 dari satu juta kemungkinan. Atau 1 dari 133 ribu peluang. (CBS/ABC7/Daily Mail) 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Ini Hasil Rapat Bamus DPR soal Perppu Ormas

  • Tim Arkeolog Sumba Berupaya Cetak Kerangka Situs 2800 Tahun
  • LN: Amerika Terapkan Sanksi Baru bagi Pendukung Korea Utara
  • OR: Di Tengah Ketakpastian Draxler Didekati Sejumlah Klub

Indonesia baru merayakan dirgahayu yang ke-72. Ada banyak harapan membuncah untuk generasi penerus yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.