BERITA

BMKG Perkirakan Siklon Tropis Dahlia Masih 'Eksis' Hingga Senin

"Hari Tirto menyebutkan wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta,Jawa Timur dan Bali berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat."

Widia Primastika

BMKG Perkirakan Siklon Tropis Dahlia Masih 'Eksis' Hingga Senin
Posisi siklon tropis Dahlia, Jumat (1/12/2017). (Foto: meteo.bmkg.go.id/Publik Domain)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan siklon tropis Dahlia masih akan terbentuk hingga tiga hari ke depan.

Juru bicara BMKG, Hari Tirto Jatmiko mengatakan saat ini posisi siklon tropis Dahlia berada di Samudera Hindia di sebelah selatan Jawa Tengah.

Siklon tropis Dahlia memberi dampak pada terjadinya angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knots atau 36 km perjam di Provinsi Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

"Berdasarkan prediksi tiga hari ke depan masih diindikasikan ada. Cuma posisinya mengalami pergeseran ke arah timur tenggara, dengan kecepatan pergerakan 15 knots atau 27 km/jam," kata Hari Tirto saat dihubungi KBR, Jumat (1/12/2017).

Hari Tirto menyebutkan wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta,Jawa Timur dan Bali berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat.

Baca juga:

BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, sebab meski saat ini potensi hujan lebat disertai angin kencang yang menyebabkan puting beliung telah mengalami penurunan dibandingkan saat masa peralihan, namun daerah terdampak dari siklon tropis Dahlia justru meluas.

"Lahirnya Dahlia, itu munculnya di tanggal 29 (29 November 2017) jam 7.00 malam, itu posisinya masih di Barat Daya Bengkulu. Sekarang posisinya di selatan Jawa," kata Hari. 

BMKG meminta kepada para pengusaha pelayaran untuk waspada dan mengindahkan himbauan dari instansi terkait khususnya pada pelayaran Merak–Bakauheni.

Informasi yang dikeluarkan Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta menyebutkan pada Jumat pagi, siklon tropis Dahlia berada 305 kilometer sebelah selatan barat daya Cilacap, Jawa Tengah. 

Siklon bergerak ke arah timur tenggara atau menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum mencapai 45 knots (85 km/jam). 

TCWC BMKG memperkirakan dalam waktu 24 jam hingga Sabtu 2 Desember 2017, posisi siklon tropis Dahlia berada di 450 kilometer sebelah selatan Cilacap. 

Baca juga:

  • siklon tropis
  • siklon tropis cempaka
  • siklon tropis Dahlia
  • peringatan dini siklon BMKG

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!