Ilustrasi. (Foto: kemendagri.go.id)



KBR, Purwokerto – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto menyiapkan 13 kereta api tambahan menjelang libur Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.  

Juru Bicara PT KAI Daops 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko memprediksi di wilayah Daops 5 bakal terjadi peningkatan penumpang pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2017 sebesar 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

Secara nasional, diperkirakan terjadi peningkatan penumpang KA sebesar enam persen, dari 4.318.717 penumpang tahun lalu menjadi 4.581.300 penumpang, atau diperkirakan ada tambahan 262.583 penumpang.

Kereta api tambahan beroperasi mulai 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017. Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tambahan dapat melakukan pembelian di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api, mulai Selasa (15/11/2016).

Ixvan menjelaskan, secara keseluruhan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 PT KAI mengoperasikan 328 perjalanan KA reguler dan 28 perjalanan KA tambahan, dengan total 212.564 seat per hari. Jumlah itu meningkat 11 persen dari tahun lalu sebesar 190.868 seat per hari.

"Perbandingan Natal dan Tahun Baru 2015 dengan tahun ini ada peningkatan 20 persen, itu khusus untuk Daops 5, bukan yang nasional. Kalau secara nasional, ada peningkatan sebesar 6 persen. Kalau Daops 5, sebelum November, sekitar September dan Oktober sudah mengeluarkan rilis terkait kondisi jalur. Soal penambahan tenaga ekstra untuk penjaga jalur, penilik tebing. Penilik jalan rawan antar stasiun," kata Ixfan Hendriwintoko, saat dihubungi KBR, Rabu (16/11/2016).

Untuk mencegah kecelakaan kereta akibat bencana alam, PT KAI menyiagakan personil selama 24 jam. Pemeriksaan akan dilakukan menyeluruh di jalur kereta yang rawan banjir dan longsor.

Pemeriksaan ekstra juga dilakukan di jembatan panjang di sungai lebar, antara lain di Sungai Serayu Rawalo dan Kesugihan.

Ixfan menambahkan, PT KAI menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor dan mengadakan pemeriksaan ekstra seluruh jalur KA serta perondaan di lintasan KA pada waktu-waktu rawan.

PT KAI total menyiagakan 2950 petugas ekstra yang terdiri dari petugas pemeriksa jalur, penjaga pelintasan, dan petugas posko di daerah rawan yang tersebar di seluruh lintas Jawa dan Sumatera.

Selain itu, PT KAI juga bekerjasama dengan instansi terkait (Pemda, aparat keamanan) untuk keselamatan di pelintasan-pelintasan sebidang.

Editor: Agus Luqman 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!