Kambing Ternyata Lebih Menyukai Manusia Peramah

Ekspresi bahagia pada seseorang dapat memikat kambing.

Rabu, 29 Agus 2018 12:02 WIB

Penelitian baru menunjukkan kambing lebih tertarik dengan wajah yang bahagia

KBR - Hasil penelitian yang dilakukan di Buttercups Sanctuary for Goats, Inggris menunjukan ekspresi bahagia pada seseorang dapat memikat kambing. Kambing ternyata dapat membedakan ekspresi wajah seseorang dan lebih tertarik pada wajah yang bahagia dan terlihat ramah. 

"Studi ini memiliki implikasi penting untuk bagaimana kita berinteraksi dengan hewan ternak dan spesies lainnya, karena kemampuan hewan untuk merasakan emosi manusia mungkin tersebar luas dan tidak hanya terbatas pada hewan peliharaan," kata Dr. Alan McElligott, salah satu peneliti dari dari Queen Mary University Of London, dikutip dari BBC.

Dalam penelitian ini terdapat 20 kambing yang diteliti. Masing-masing diberikan dua pasang foto hitam putih dari orang yang sama, tapi dengan dua ekspresi berbeda. Satu foto menunjukkan ekspresi marah dan cemberut, sementara foto lainnya menunjukkan ekspresi bahagia dan tersenyum. Foto tersebut diletakkan beberapa meter di depan kambing.

Hasilnya, kambing lebih tertarik dan langsung menghampiri foto dengan ekspresi bahagia, apalagi jika foto diletakan di sisi kanan. Mereka juga berinteraksi lebih lama depan foto dengan wajah bahagia. Namun, kambing tidak menunjukkan sikap yang signifikan ketika foto bahagia diletakan di sisi kiri.

Para peneliti berpendapat, hal ini terjadi karena kambing menggunakan bagian otak kirinya untuk memproses emosi yang positif. Ini juga pernah diteliti pada hewan lain, yang menggunakan satu sisi otak mereka untuk memproses informasi.

Dari penelitian ini juga ditemukan kalau kemampuan hewan untuk melihat isyarat wajah manusia tidak terbatas pada hewan-hewan yang memiliki riwayat panjang berteman dengan manusia saja, seperti anjing. Melainkan, hewan ternak seperti kambing, juga dapat menafsirkan isyarat wajah manusia.

Peneliti lainnya, Natalia Albuquerque dari Universitas Sao Paulo, Brasil mengatakan kalau sudah banyak studi tentang persepsi emosi pada hewan, yang menunjukkan kemampuan yang sangat kompleks pada anjing dan kuda. Namun, sampai saat ini, tidak ada bukti bahwa hewan seperti kambing mampu membaca ekspresi wajah manusia. Sehingga, menurutnya, penelitian pada kambing ini dapat menjadi referensi baru.

“Hasil kami membuka jalan baru untuk memahami kehidupan emosional semua hewan yang dijinakan," katanya.

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Saat ini ada banyak cara dan sarana untuk membantu orang lain. Lewat NusantaRun salah satunya.