Napi Nusakambangan Kabur Saat Menggembala Sapi

Kadarmono merupakan napi kasus perampokan dengan vonis hukuman 14 tahun penjara. Dia dijadwalkan baru akan menjalani ekspirasi atau bebas pada 22 April 2012 mendatang.

Rabu, 21 Jun 2017 12:09 WIB

Ilustrasi. Patroli petugas di Lapas Narkotika, Nusakambangan, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA)

KBR, Cilacap – Kepolisian Cilacap, Jawa Tengah mengerahkan puluhan anggotanya dalam operasi pencarian Kadarmono. Kadarmono merupakan narapidana perampokan yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Permisan Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah.

Juru bicara Polres Cilacap Bintoro Wasono mengatakan ada 25 anggota polisi termasuk dari Satuan Polisi Air (Polair) diterjunkan memburu narapidana yang berasal dari Kampung Sekaran RT 03/RW 01, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.
 
Kadarmono merupakan narapidana perampokan yang kini sedang menjalani proses asimilasi (proses pembauran napi ke lingkungan masyarakat), sebagai tahanan pendamping (tamping) penggembala ternak.

Pada Senin (19/6/2017), Kadarmono menggembala 14 ekor sapi. Namun tiba saat pukul 11.00 WIB, Kadarmono tidak hadir saat apel wajib bagi para tahanan pendamping.

Bintoro Wasono mengatakan polisi kesulitan mendeteksi keberadaan napi karena jeda kejadian dengan dimulainya pencarian terpaut cukup lama. Kadarmono diketahui hilang pada Senin pukul 11.00 WIB, namun laporan baru dilakukan pada Senin malam sehingga pencarian baru bisa dilakukan efektif pada Selasa pagi.

Tim dari Polres Cilacap mencari dengan menyisir darat dan laut. Penyisiran darat dilakukan Polsubsektor Nusakambangan. Sementara, pencarian di laut dilakukan oleh Satpol Polair.


Selain itu, kepolisian dan petugas lapas juga menyekat sejumlah titik keluar dari Nusakambangan, terutama yang mengarah ke Kampung Laut di Laguna Segara Anakan.

Polres Cioadi sekitar Pulau Nusakambangan juga turut menyiagakan anggota diluar Tim Terpadu Ramadniya 2017, yakni Polsek Kawunganten dan Polsek Cilacap Selatan.

"Kita kerahkan, baik anggota kita yang ada di Polsubsektor Nusakambangan maupun anggota Polair. Juga anggota kita yang ada di sini yang tidak masuk pengamanan lebaran 2017, mereka ikut mencari. Jumlahnya ada sekitar 25 orang anggota Polsubsektor Nusakambangan dengan anggota kita yang ada di sini. Penyisiran dilakukan oleh Polair di perairan dan anggota kita dan Polsubsektor di daratan. Juga dikerahkan Polsek Kawunganten," kata Bintoro Wasono, Selasa petang (20/6/2017).

Polres Cilacap telah menyebarkan foto Kadarmono ke seantero wilayah Cilacap, terutama yang berposisi di seberang Pulau Nusakambangan langsung.

Pengetatanan keamanan juga diberlakukan di jalur resmi menuju Pulau Nusakambangan, baik di Dermaga Sodong Pulau Nusakambangan maupun Dermaga Wijayapura, Cilacap.

Polisi juga memeriksa setiap kapal mencurigakan yang melintas di jalur pulau Nusakambangan, termasuk kapal milik nelayan.

Dari hasil pencarian dan penyelidikan kondisi lapangan, diduga kuat Kadarmono masih berada di Pulau Nusakambangan. Bintoro Wasono mengatakan tim gabungan dari Polres dan Lapas menggiatkan pencarian di dalam Pulau dan sekitar perairan Nusakambangan.

Bintoro menambahkan, Kadarmono merupakan napi kasus perampokan dengan vonis hukuman 14 tahun penjara. Dia dijadwalkan baru akan menjalani ekspirasi atau bebas pada 22 April 2012 mendatang.  

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU

  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara

Hukuman Mati Maladministrasi, LBH Masyarakat Desak Jaksa Agung Dicopot

  • Kembali Tertunda, Sri Mulyani Tak Khawatir Kehilangan Momentum Redenominasi
  • Rekrutan Anyar City Gagal Debut di Liga Inggris
  • CEO Amazon Geset Bill Gates sebagai Orang Terkaya di Dunia

Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong industri kecil dan menengah untuk terus bergeliat meningkatkan ekspor di tanah air.