BERITA

Peringatan Mei 98, Pemprov DKI Janji Gratiskan Retribusi Makam Korban

""Nanti kami bisa buatkan SK Gubernur untuk pembebasan retribusi selamanya atas nama korban di makamnya masing-masing.""

Bambang Hari

Peringatan Mei 98, Pemprov DKI Janji Gratiskan Retribusi Makam Korban
Wakil Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah) melakukan prosesi tabur bunga di makam korban Tragedi Mei 98 di Pondok Rangon, Jakarta Timur, Senin (8/5). (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat berjanji untuk menggratiskan retribusi makam korban Tragedi Mei 1998. Hal tersebut disampaikan saat Djarot menghadiri acara Peringatan Mei 1998 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Djarot berjanji,  bulan ini  akan merampungkan pendataan korban dan lokasi makamnya.


"Kalau untuk retribusi para korban tentu saja (kami akan gratiskan). Sebagai kepastian, tadi saya sudah minta nama-namanya siapa saja. Supaya nanti kami bisa buatkan SK Gubernur untuk pembebasan retribusi selamanya atas nama korban di makamnya masing-masing. Saya sudah minta namanya, bulan ini kami selesaikan. Tapi kami tunggu datanya dulu," katanya.


Ia menambahkan, penggratisan biaya retribusi itu juga termasuk untuk biaya perawatan makam. Sehingga nantinya makam-makam tersebut akan selalu dirawat oleh para petugas.


"Makam para korban yang amblas sebagian juga sudah kami perbaiki," katanya.


Selain itu kata Djarot, Pemprov DKI juga memberikan pemberdayaan ekonomi bagi para keluarga korban.


Sementara itu, Presiden  ke-3, BJ Habibie yang   hadir dalam acara tersebut mengatakan  akan menemui Presiden Joko Widodo untuk menyuarakan aspirasi dari para keluarga korban.


"Saya akan sampaikan kesan-kesan saya pada hari ini. Kita persiapkan yang baik-baik supaya kita dapat memberi estafet dari generasi ke generasi, saya juga berharap tidak ada pelanggaran HAM kembali dan tragedi Mei 98 merupakan kasus pelanggaran HAM yang terakhir," tuturnya


Senin ini Komnas Perempuan  mengadakan acara bertema “Mewujudkan Pemerintahan yang Ingat, Hormat dan Adil pada Sejarah” di Makam Massal Korban Mei 98, TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Acara tersebut digelar untuk mengingatkan Pemerintah agar tidak melupakan Tragedi Mei 1998 yang menewaskan 1190 orang, dan 85 perempuan etnis Tionghoa korban pemerkosaan secara massal.


 

Editor: Rony Sitanggang

  • peringatan Mei 98
  • Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!