BERITA

3 Gereja Diminta Tutup, Bupati Bogor Janji Bantu Perizinan

""Nanti kita dorong karena RT/RW kan juga bagian dari yang harus memberi pelayanan kepada masyarakat dengan diberikan kemudahan, diberi percepatan.""

Wydia Angga

3 Gereja Diminta Tutup, Bupati Bogor Janji Bantu Perizinan
Foto: Efendi Hutabarat


KBR, Jakarta- Bupati Bogor Nurhayanti sebut langkah Camat Parung Panjang dalam hentikan kegiatan peribadatan tiga gereja di daerahnya untuk menjaga kondusifitas. Namun ia mengaku terus memantau kondisi di sana serta melakukan pendekatan kepada para tokoh untuk menjaga toleransi beragama.

"Karena kan kita juga harus jaga kondusifitas ya. Jadi di lapangan kelihatannya pak Camat mengambil langkah supaya kondusif jangan ada giat dulu, diurus dulu izinnya. Karena kan ada peraturan bersama menteri. Menteri agama, SKB lah," ujar Nurhayanti kepada KBR, Minggu (5/3/2017)


Ia menambahkan,  telah berkoordinasi dengan kecamatan dan kapolsek setempat. 


"(stop ibadah sampai kapan?)  Saya sih secepatnya. Artinya begini, kondusifitas kan harus kita jaga. Artinya kan masyarakat tokoh-tokoh agama di sini juga harus diberikan pemahaman bagaimana kita bertoleransi kan begitu. Tapi kan kalau orang yang sedang keras kan tidak juga bisa kita hadapi dengan keras," kata dia.

Baca: 3 Gereja Diintimidasi

Nurhayanti   berjanji untuk mendorong percepatan perizinan baik kepada pihak gereja agar segera memenuhi persyaratan hingga kepada pengurus RT/RW untuk mempermudah perizinannya.

"Urus izin ada prosedurnya sehingga ada persyaratan yang harus mereka penuhi, kita juga doronglah untuk mereka segera memenuhi persyaratannya. (Sekda katanya mau inspeksi cek tiga rumah ibadah itu sudah pernah dilakukan?) Sudah, sudah turun kemarin, malah Hari Selasa akan turun lagi. (Hasilnya?) Nanti kita lihat kan kita terus-terus memberikan pemahaman kedua belah pihak ini," tegasnya.  

Nurhayati melanjutkan, "kita tim terpadu asisten pemerintahan, Kesbangpol dengan pol PP juga turun dan kepolisian juga turun. Kita ingin sama-sama menjaga kondusifitas daerah yang selama ini sudah kita bangun sangat ekstra sekali. (Untuk urus izin yang mentok di RT/RW?) Nanti kita dorong karena RT/RW kan juga bagian dari yang harus memberi pelayanan kepada masyarakat dengan diberikan kemudahan, diberi percepatan."

Editor: Rony Sitanggang

  • GMI Parung Panjang Kabupaten Bogor
  • Bupati Bogor Nurhayanti

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!