PBNU Akan Perluas Dakwah Lewat Medsos

Ketua Lembaga Dakwah NU Maman Imanulhaq mengatakan metode dakwah harus bisa bertransformasi seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi.

Senin, 13 Feb 2017 13:49 WIB

Ilustrasi. (Foto: Creative Commons)

KBR, Cirebon - Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) akan memperluas dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin melalui media sosial. Namun sebelumnya, LDNU akan membangun kemampuan penguasaan jaringan lewat media informasi dan teknologi.

Hal itu dilakukan untuk menjaga konsistensi Lembaga Dakwah NU (LDNU) sebagai lembaga dakwah yang peduli terhadap gerakan dakwah moderat berhaluan Ahlussunah Waljamaah.

Ketua Lembaga Dakwah NU Maman Imanulhaq mengatakan metode dakwah harus bisa bertransformasi seiring pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Ia juga menegaskan pentingnya revitalisasi dakwah yang mensinergikan media informasi.

"(Penting) Mengingat saat ini perkembangan IT, kecepatan dan variasi konten menjadi media paling strategis untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan baru, termasuk paham-paham keagamaan," kata Maman, Minggu (12/2/2017).

Baca juga:


Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) merupakan salah satu lembaga yang terbentuk di dalam tubuh PBNU. LDNU bertugas melaksanakan kebijakan di bidang pengembangan dakwah agama Islam yang menganut faham ahlussunnah wal jamaah.

LDNU mengelola website www.dakwahpbnu.id untuk memperkuat gerakan dakwah di dunia maya. LDNU juga akan terus memproduksi beragam konten dakwah Islam ramah.

"Kita ingin mengimbangi kian menggilanya konten dakwah provokatif yang menebar kebencian dan permusuhan yang tersebar luas di internet dan medsos," kata Maman Imanulhaq.

Program Officer Islam dan Pembangunan di lembaga The Asia Foundation, Budi Munawar Rachman berpendapat saat ini organisasi Islam moderat sangat penting memperluas dimensi dakwah.

Budi mengatakan dakwah ormas Islam kini bukan hanya soal-soal keagamaan semata, tapi juga keterlibatan aktif dalam soal pembangunan yang sekarang mempunyai dimensi sangat luas yaitu SDGs (Sustainable Development Goals).

SDGs merupakan program pembangunan berkelanjutan berupa 17 tujuan dengan 169 target yang terukur dengan tenggang waktu yang ditentukan.

"SDGs merupakan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia dan planet bumi," tuturnya.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!