NUSANTARA

Normalisasi Tiga Sungai Jombang Telan 300 Miliar

"Sedementasi tiga sungai ini, yakni Sungai Konto, Gunting dan Avtur Watudakon menjadi penyebab utama banjir tahunan"

Muji Lestari

Normalisasi Tiga Sungai Jombang Telan 300 Miliar
Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono. Foto: Muji Lestari

KBR, Jombang – Pemerintah menggelontorkan lebih dari Rp 300 miliar untuk menormalisasi tiga sungai besar di Jombang, Jawa Timur. Sedementasi tiga sungai ini, yakni Sungai Konto, Gunting dan Avtur Watudakon menjadi penyebab utama banjir tahunan di sepanjang daerah aliran sungai setempat. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, normalisasi dilakukan tahun ini.

“Jadi ada tiga sungai seperti dimonitor beliau (Bupati), kalau banjir saya selalu telpon beliau-beliau ini (Bupati dan anggota Komisi V DPR RI). Terakhir kita sudah lihat itu kali Konto dan Avtur Watudakon. Direktur saya sudah lihat langsung saya kirim ke sini, kita mau normalisasi termasuk kali Gunting, tahun lalu kan Banjir. Ini sudah tender,” kata Muhamad Basuki, Minggu (21/02/16).


Beberapa wilayah di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) selalu kebanjiran hampir tiap tahun. Di antaranya, Kecamatan Mojoagung, Kesamben, Sumobito, Perak, Tembelang, Ploso, dan Kecamatan Jombang. Sepanjang dua bulan terakhir, ribuan rumah penduduk di 22 desa sudah dua kali terendam banjir.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • normalisasi sungai

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!