Jemaat GKI Yasmin Tagih Konsep Bima Arya Soal Gereja dan Masjid

Wacana tersebut sudah disampaikan Bima Arya pada Natal 2016 lalu.

Minggu, 22 Jan 2017 19:39 WIB

Jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia. Foto: Gilang Ramadhan/KBR

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

ARTIKEL TERKAIT

KBR, Jakarta- Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin menagih janji Wali Kota Bogor, Bima Arya yang akan membahas teknis pembangunan gereja yang berdampingan dengan masjid di Kawasan Taman Yasmin. Menurut juru bicara GKI Yasmin, Bona Sigalingging, wacana tersebut sudah disampaikan Bima Arya pada Natal 2016 lalu. Namun, sampai sekarang kata dia, tim yang dijanjikan untuk membahas hal tersebut belum juga terwujud.

"Namun sampai dengan sekarang Pak Bima belum  memulai perbincangan teknis itu, sehingga sampai sekarang kita masih belum dapat masukk ke gereja dan menggunakan rumah bibadah kita yang sah," kata Bona kepada KBR di sebrang Istana Negara, Minggu (22/01/17).

Ia berharap Bima Arya akan merealisasikan wacana tersebut paling lambat pada awal Februari mendatang.

"Kita berharap dalam sisa januari ini atau awal februari Pak Bima akan memulai langkah kongkritnya melaksanakan deklarasi yang sudah ia samapaikan," tambahnya.

Ia juga meminta Presiden Joko Widodo ikut mengawal penyelesaian pembangunan Gereja GKI Yasmin di Bogor dan penyelesaian masalah Gereja HKBP Filadelfia di Bekasi. Menurutnya, Jokowi berkewajiban memastikan Wali Kota Bogor dan Bupati Bekasi patuh terhadap konstitusi. Jemaat kedua gereja ini berharap Jokowi mewujudkan kerja nyata dengan melindungi warganya beribadah.

"Kita belum bisa menikmati gereja sebagai tempat peribadatan," ujar Bona.

Baca: GKI Yasmin: Walikota Tawarkan Konsep Masjid dan Gereja Berdampingan

Hari ini, jemaat GKI Yasmin dan HKBP Fildelfia melaksanakan ibadah minggu ke 136 di seberang Istana Negara. Padahal Mahkamah Agung (MA) telah  menolak permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Pemkot Bogor pada 2010. Sementara itu, HKBP Filadelfia masih disegel Bupati Bekasi meski gugatan HKBP Filadelfia dimenangkan oleh PTUN Bandung dengan empat keputusan.


Editor: Sasmito

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Konflik agraria dari tahun ke tahun terus naik. Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat terjadi 600an konflik agraria sepanjang tahun lalu, meningkat 50 persen dibandingkan 2016.