10 Paus Terdampar di Aceh Besar

Dua di antara paus sperma atau kepala kotak itu diperkirakan terluka

Senin, 13 Nov 2017 17:56 WIB

Tim gabungan sedang melakukan evakuasi terhadap 10 ekor ikan paus yang terdampar di perairan Ujung Kareung, Kecamatan Masjid, Kabupaten Aceh Besar, Senin (13/11/17). (Foto : KBR/Erwin Jalaluddin)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Aceh Besar–Sedikitnya 10 ekor  paus jenis serma atau kepala kotak ditemukan terdampar di Pantai Ujung Kareung, Kecamatan Masjid, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Senin (13/11). Diduga dua ekor di antaranya hewan bergigi terbesar di dunia   ini   terluka sehingga terlihat lemas di bibir pantai setempat.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Andoko Hidayat   belum dapat memastikan penyebab utama  paus tersebut terdampar. Kata Dia, tim gabungan  meliputi Fakultas Kedokteran Unsyiah, Basarnas, Karantina Perikanan, dan tim Polairud  sedang melakukan upaya evakuasi terhadap binatang laut itu di lokasi.

”Kami lagi koordinasi untuk proses evakuasinya, ditemukannya antara pukul 09.00-10.00 Wib, Senin Pagi. Informasi awal dua di antaranya mengalami luka, tapi sekarang Kami coba lihat lebih dekat, nanti ya informasi berikutnya,” kata Andoko menjawab KBR, Senin (13/11).

Terdamparnya  paus di Pantai Ujung Kareung, Aceh Besar ini langsung membuat lokasi dikerumuni  warga. Seluruh hewan bertubuh besar itu dinyatakan masih dalam kondisi hidup.

Pantai Ujung Kareung Kabupaten Aceh Besar  terletak d ikawasan zona laut Samudera Hindia. Kawasan laut dalam ini memiliki beragam spesies, salah-satunya ikan paus.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Penggantian Ketua DPR Dinilai Tak Perlu Tergesa-gesa

  • PKB: Keputusan Golkar Terkait Posisi Setnov Menyandera DPR
  • Mendagri: Usulan Tim Gubernur Anies Melebihi Kapasitas yang Diatur Undang-undang
  • Golkar Resmi Dukung Khofifah-Emil di Pilkada Jatim