HEADLINE

Karhutla, TNI AU Siapkan Pesawat Pemadam

""Ada satu pesawat CN295 yang sudah dimodifikasi, digunakan Teknik Modifikasi Cuaca, kemudian 1 Hercules sudah dimodifikasi untuk modifikasi cuaca.""

Yudi Rachman

Karhutla, TNI AU Siapkan Pesawat Pemadam
Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui udara (water bombing) di Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (11/8). (Foto: A


KBR, Jakarta-
TNI Angkatan Udara  menyiapkan tiga pesawat untuk mendukung pemadaman kebakaran lahan dan hutan di Riau dan Kalimantan. Kata Juru bicara TNI Angkatan Udara Jemi Tri Sonjaya, ada tiga pesawat jenis Hercules, Cassa dan CN yang sudah diubah untuk program modifikasi cuaca.

Kata dia, sejak Mei, ada satu pesawat yang siap digunakan untuk membantu modifikasi cuaca di Sumatera dan Kalimantan.


"Ada satu pesawat CN295 yang sudah dimodifikasi, digunakan Teknik Modifikasi Cuaca, kemudian 1 Hercules sudah dimodifikasi untuk modifikasi cuaca. Bukan hanya kita saja, TNI Angkatan Laut dan Angkatan Darat juga ada pesawat Cassa untuk modifikasi cuaca.  Kalau misalkan untuk modifikasi cuaca ada tiga pesawat, CN, Hercules dan satu lagi Cassa," jelas juru bicara TNI AU Jemi Tri Sonjaya kepada KBR, Jumat (26/8/2016)


Juru bicara TNI AU Jemi Tri Sonjaya menambahkan, untuk proses peminjaman pesawat  biasanya Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi (BPPT) atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajukan permintaan resmi ke Mabes TNI. Kata dia, berdasarkan urgensinya,peminjaman pesawat TNI bisa cepat dan tidak memakan waktu lama.


"Kalau misalkan ada peminjaman lagi, BPPT sendiri sudah mengerahkan pesawat Heli jenis MI. Prosedurnya sesuai birokrasi ke Mabes TNI. Waktu itu bisa secepatnya, birokrasi bisa pararel dengan waktu, tidak ada masalah untuk kebutuhan yang mendesak. Bisa satu jam, setengah jam. Kalau ada komunikasi itu tidak masalah," katanya.

 


Editor: Rony Sitanggang

  • Karhutla
  • Modifikasi Cuaca
  • Juru bicara TNI Angkatan Udara Jemi Tri Sonjaya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!