HEADLINE

Tahun Depan, Konversi Gas Elpiji di Pulau Sumbawa Harus Dilakukan

"Pulau Sumbawa hingga saat ini belum tersentuh program korversi minyak tanah ke gas elpiji."

Zaenudin Syafari

Gas Elpiji/ Foto: Antara
Gas Elpiji. (Antara)

KBR, Mataram - Pulau Sumbawa hingga saat ini belum tersentuh program konversi minyak tanah ke gas elpiji. Sementara pulau Lombok program korversi itu sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir. DPR RI meminta kepada pemerintah pusat agar mengonversi minyak tanah di pulau Sumbawa pada 2016 mendatang. Artinya bantuan berupa kompor gas dan tabung elpiji 3 Kg harus segera dibagikan untuk warga di pulau Sumbawa.

Hal itu disampaikan anggota komisi VII DPR RI Kurtubi di Mataram Sabtu (9/5). Kurtubi mengatakan, dirinya secara langsung sudah meminta kepada menteri terkait agar tahun depan pulau Sumbawa masuk dalam wilayah konversi gas elpiji. Memang sejauh ini pemerintah belum memberikan tanggapan, namun sudah dicatat dalam agenda program ke depan.

Anggota komisi VII DPR RI Kurtubi mengatakan, di pulau Lombok memang sudah dilakukan program konversi minyak tanah ke elpiji, namun infrastruktur masih terbatas yaitu belum dibangunnya depo elpiji. Kondisi ini rentan terhadap gangguan pasokan ke konsumen karena seringkali distribusi terkendala oleh cuaca laut saat pengapalan dari Bali ke Lombok. Kurtubi mengatakan, demo elpiji di daerah ini bisa dibangun oleh Pertamina atau swasta.  

  • gas elpiji
  • konversi minyak tanah
  • konversi
  • sumbawa
  • kurtubi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!