BERITA

Kapal Zahro Terbakar, KNKT Tunggu Tanggapan Instansi

""Mereka harus memberikan masa tanggap satu minggu kepada kami, terhadap apa yang sudah mereka lakukan, yang kami sebut safety action.""

Eli Kamilah

Kapal Zahro Terbakar, KNKT Tunggu Tanggapan Instansi
Kapal penyeberangan Zahro Ekspres terbakar di Muara Angke. (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan mempublikasikan hasil investigasi kecelakaan Zahro Ekspress, setelah mendapat tanggapan dari Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan dan Operator Kapal. Laporan investigasi, ujar Kepala Subkomite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT Aldrin Dalimunte,  akan diserahkan pekan ini. Instansi-instansi tersebut punya waktu hingga satu minggu untuk memberikan tanggapan.

"Kita sudah selesei. Isi dari full report kita itu akan diserahkan kepada instansi terkait yang mendapatkan rekomendasi terkait kecelakaan zahro. Kemudian mereka harus memberikan masa tanggap satu minggu kepada kami, terhadap apa yang sudah mereka lakukan, yang kami sebut safety action. Kalau sudah kembali ke kita ada tanggapan atau tidak, maka baru kami lanjutkan ke Menteri Perhubungan dan melakukan press realese," ungkapnya kepada KBR, Kamis (23/3/2017)


Aldrin menambahkan masa tanggap soal tindak keselamatan diperlukan untuk memastikan, apakah selama ini prosedur keselamatan sudah dilakukan secara baik oleh Kemenhub.


"Misalnya gini, agar data manifes  menjadi yang utama untuk setiap penumpang yang naik ke kapal. Dan setiap penumpang wajib memegang tiket.  Kalau sudah, mereka memberikan tertulis, dan kita akan melihat ke sana, oh ya betul. Kita cabut rekomendasi kita, bahwa instansi terkait sudah melaksanakan safety action," jelasnya.


Aldrin memperkirakan penyebab kecelakaan kapal di Muara Angke Jakarta itu akan dipublikasikan pertengahan April mendatang.

"Perkiraan kita tanggal 10 Aprillah," katanya

KM Zahro terbakar saat hendak menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu awal tahun ini. Peristiwa itu menyebabkan 23 orang tewas, sedangkan korban selamat berjumlah 194. Polisi sudah menetapkan nakhoda kapal wisata KM Zahro, M Nali sebagai tersangka.


Editor: Rony Sitanggang

  • KM Zahro Express
  • Ketua tim investigasi KNKT Aldrin Dalimunte

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!