ADVERTORIAL

Indonesia Kembali Terima 400 ribu Donasi Vaksin AstraZaneca dari COVAX

Vaksinasi bisa melindungi dan mengurangi risiko sakit berat jika terpapar Covid-19.

RAGAM

Selasa, 21 Des 2021 10:40 WIB

Indonesia Kembali Terima Donasi 400 ribu Donasi Vaksin AstraZaneca dari COVAX

Kedatangan Vaksin AstraZaneca donasi COVAX. Foto : Amiriyandi/InfoPublik/Kominfo

KBR, Jakarta - Pada tanggal 20 Desember 2021 Indonesia kedatangan vaksin AstraZaneca sebanyak 482.000 dosis jadi donasi COVAX. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong berharap kedatangan vaksin ini bisa membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi lebih optimal.

Menurut Usman, vaksinasi merupakan salah satu kunci untuk melindungi diri dan bangsa dari ancaman Covid-19. Oleh karenanya, tak bosan pemerintah untuk terus mengedukasi masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin. Vaksinasi bisa melindungi dan mengurangi risiko sakit berat jika terpapar Covid-19. Pemerintah meminta kepada masyarakat supaya tidak pilih-pilih merek vaksin, karena 11 jenis vaksin yang beredar di Indonesia sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Terkait varian Omicron, Usman memint masyarakat untuk tidak panik, tetap patuhi protokol kesehatan dan semua imbauan pemerintah. "Sebagaimana arahan Bapak Presiden Jokowi, adanya Omicron ini haruslah membuat kita lebih mawas diri, vaksinasi bagi yang belum, dan tetap menjaga protokol kesehatan," kata Usman.

Masuk Lima Besar Negara Vaksinasi Dosis Lengkap Tertinggi di Dunia

Indonesia menjadi satu dari lima negara dengan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap yang tertinggi di dunia. Dengan jumlah penerima vaksin sebesar 106 juta orang, posisi Indonesia hanya berada di belakang negara berpenduduk besar, seperti China, India, Amerika Serikat, dan Brasil.

"Sejauh ini secara kuantitas, Indonesia berhasil menjadi satu dari lima negara dengan jumlah penerima vaksin COVID-19 dosis lengkap terbanyak di dunia," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Senin (20/12/2021).

Pemerintah akan terus menggenjot program vaksinasi hingga tercapai 100%, khususnya untuk beberapa kelompok, seperti kelompok rentan. Menkominfo memaparkan, khusus pada tenaga kesehatan saja, capaian vaksin hingga 16 Desember 2021 tercatat telah mencapai 132,76 persen.

Menkominfo memaparkan, baru 38,1 persen dari target vaksinasi sebanyak 21,5 juta penerima vaksin di kelompok lansia yang telah menerima vaksin dosis lengkap secara nasional. Artinya, sekitar 6 dari 10 lansia di Indonesia masih belum menerima vaksin dosis lengkap.

Baca juga: Indonesia Deteksi Omicron, Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Tak ke Luar Negeri

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7