Positif Covid-19, Bupati Situbondo Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan

"Masuk rumah sakit Selasa sampai hari Kamis ini kemudian meninggal dunia. Kalau protokol kesehatan iya tidak boleh harus petugas saja yang memakamkan,”

NUSANTARA | RAGAM

Jumat, 27 Nov 2020 07:52 WIB

Author

Hermawan Arifianto

Positif  Covid-19, Bupati Situbondo Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan

Pemakaman jenazah Bupati Dadang Wigiarto di TPU Patokan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/11). (Antara/Rendra)

KBR, Situbondo-   Bupati Situbondo, Jawa Timur, Dadang Wigiarto, meninggal dunia pada Kamis (26/11/2020). Dadang meninggal dunia setelah selama tiga hari mendapatkan perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdoe Rahim, karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Situbondo Dadang A Bintoro mengatakan jenazah dibawa ke  rumah dinas bupati untuk disalatkan dan dimakamkan di tempat pemakaman umum Patokan pada Kamis malam.

Kata Dadang, untuk proses pemakaman Bupati Situbondo tersebut, tetap dilakukan dengan protokol pemakaman Covid-19 yang telah ditentukan. Masyarakat maupun kerabat Bupati tetap tidak diperbolehkan untuk mendekat ke tempat pemakaman. Hanya petugas pemakaman yang telah memakai baju APD lengkap yang akan menurunkan peti jenazah Bupati Dadang Wigiarto.

“Pak Bupati hari Selasa dinyatakan positif Covid-19, kemudian masuk rumah sakit  Selasa itu, kemudian Selasa, Rabu, Kamis dirawat sampai   Kamis ini kemudian meninggal dunia. Kalau protokol kesehatan iya tidak boleh harus petugas saja yang memakamkan,” ujar Dadang A Bintoro, Kamis (26/11/2020).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Situbondo Dadang A Bintoro menambahkan, dengan kejadian ini, Satgas   akan terus melacak kontak erat dan menyeterilkan lingkungan Pemkab   dan rumah dinas Bupati. Saat ini kata Dadang, sudah ada 9 orang yang melakukan tes swab, mereka merupakan orang-orang di lingkungan rumah dinas Bupati termasuk istri bupati Situbondo Umi Kulsum.

Satgas masih menunggu hasil tes usap tersebut. Jika hasilnya ada tambahan orang yang positif Covid-19, maka tidak menutup kemungkinan Satgas Penanganan Covid-19 Situbondo akan merekomendasikan kepada Pemerintah setempat untuk  bekerja dari rumah.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, telah menghadiri serangkain kegiatan. Di antaranya menghadiri Hari Ulang Tahun ke-49 Korpri pada Sabtu (21/11/2020). Bupati Dadang juga menghadiri acara penyerahan penghargaan terbaik ke dua Kelompok Budaya Kerja atau KBK Mangrovnesia di Hotel Singhasana Kota Batu, pada Jumat, 13 November.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Kabar Baru Jam 8

Strategi Pengusaha Hotel dan Resto Merespons PPKM