RAGAM

Ketua Satgas sebut 63% Keberhasilan Penanganan Covid-19 dari Peranan Media

"Suryopratomo: "Di Selandia Baru, negara yang sukses menangani Covid-19, medianya jadi bagian solusi. Bukan mendukung pemerintahnya tapi eksistensi terhadap bangsa itu"."

Paul M Nuh

Ketua Satgas sebut 63% Keberhasilan Penanganan Covid-19 dari Peranan Media

Jakarta – Relawan Satgas Penanganan Covid-19 Suryopratomo yang juga wartawan senior menjelaskan, banyak media yang memberikan informasi seputar Covid-19 kurang edukatif, bahkan cenderung berorientasi mengejar sensasi tanpa memberi pemahanan yang benar apa yang harus dilakukan menghadapi pandemic.

Dalam talkshow "Suryopratomo: Dari Relawan Hingga Duta Besar" di Media Center Satgas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Selasa (27/10) pagi, Suryopratomo menjelaskan, hanya satu dua media yang benar memberi pencerahan dan selebihnya banyak yang menakut-nakuti.

"Di Selandia Baru, negara yang sukses menangani Covid-19, medianya jadi bagian solusi. Bukan mendukung pemerintahnya tapi eksistensi terhadap bangsa itu," ujar Suryopratomo yang baru saja dilantik Presiden Jokowi sebagai Dubes Indonesia untuk Singapura.

Tommy, panggilan akrab Suryopratomo, mengutip pernyataan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo yang menyebut 63% keberhasilan penanganan Covid-19 dari peranan media.

Konteksnya, kata Tommy, memberi edukasi yang boleh dan tidak boleh dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat.

Satgas melakukan pendekatan dengan mengajak wartawan menjadi bagian kampanye besar masyarakat dalam perubahan perilaku.

"Ini membangunkan kesadaran baru, ada kolaborasi intens antara media dengan Satgas Covid-19 bersama-sama cari jalan menyelamatkan bangsa ini agar tidak terinfeksi dari Covid-19," ungkap Tommy.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menunjukkan hasil survei 63% keberhasilan penanganan Covid-19 itu dari media.

"Walaupun Pak Tommy sudah bertugas sebagai Duta Besar, bukan berarti Pak Tommy berhenti berjuang memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," ujar Doni Monardo dengan menahan haru yang hampir tiap hari selalu bersama Tommy selama bertugas menangani Covid-19.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

  • nativead
  • #satgascovid19
  • #IngatPesanIbu
  • #pakaimasker
  • #jagajarak
  • #hindarikerumunan
  • #cucitanganpakaisabun
  • #KBRLawanCovid19

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!