Bio Farma: Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Sedang Berjalan

Sertifikasi ini telah didaftarkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada 15 Oktober lalu.

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Kamis, 29 Okt 2020 06:30 WIB

Author

Ardhi Rosyadi

Bio Farma: Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Sedang Berjalan

Ilustrasi Vaksin

KBR, Jakarta - Perusahaan pengadaan vaksin asal Indonesia PT Bio Farma menyebut saat ini proses sertifikasi halal calon vaksin asal Tiongkok (Sinovac) sedang dilakukan.

Kepala Divisi Unit Klinik dan Imunisasi Bio Farma, Mahsun Muhammadi menjelaskan sertifikasi ini telah didaftarkan ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada 15 Oktober lalu.

Selanjutnya, tim sertifikasi dan Bio Farma akan mengaudit proses pengembangan vaksin di Tiongkok pada awal November.

"Saat ini dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) sedang mengaudit bersama Biofarma, Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) dan Kemenkes di Tiongkok. Proses akan dimulai 2-11 November," ujar Mahsun dalam Webinar Vaksinasi COVID-19 di Indonesia: Dimana Peran Masyarakat, Rabu (28/10/2020).

Audit yang dilakukan di Tiongkok ini untuk memastikan vaksin Covid-19 memenuhi kriteria kualitas, keamanan serta kehalalan produk.

Selain mendaftarkan ke BPJPH dan audit pengembangan ke Tiongkok, guna melancarkan proses sertifikasi halal ini, Bio Farma juga melakukan komunikasi kepada dua organisasi masyarakat keagamaan Muhammadiyah dan NU.

Mahsun berharap, jika vaksin ini sudah tersedia dan siap dipakai maka Muhammadiyah dan NU memiliki peran untuk mengedukasi masyarakat.

Sementara untuk jangka panjang setelah vaksin ini tersedia, Bio Farma juga berencana bekerja sama dengan negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Jika vaksin ini sudah diakui kehalalannya di Indonesia maka bisa digunakan di luar negeri, sebaliknya jika negara OKI mengembangkan vaksin yang sama dan dinyatakan halal, maka (vaksin) dapat digunakan di Indonesia," pungkasnya.

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Dorong Penggunaan Medis, PBB Hapus Ganja dari Daftar Narkotika Paling Berbahaya

Liburan di Rumah Aja! #coronamasihada

Eps9. Bijak Energi

Menanti Nasib Ekspor Benur

Kabar Baru Jam 7