Bagikan:

Kerjasama KBR dengan GREENPEACE INDONESIA

Ramadan Vibes: Berjalan Kaki dan Bersepeda, Langkah Nyata Mewujudkan Nol Emisi

Selama ini kita memahani akhlak itu hanya habluminallah dan habluminannas. Padahal ada satu lagi yang sering kita lupakan, yaitu habluminal alam. Manusia juga diberi tugas untuk memakmurkan bumi.

RAGAM

Rabu, 20 Apr 2022 08:00 WIB

Author

Paul M Nuh

Ramadan Vibes: Berjalan Kaki dan Bersepeda, Langkah Nyata Mewujudkan Nol Emisi

Ramadan Vibes: Berjalan Kaki dan Bersepeda, Langkah Nyata Mewujudkan Nol Emisi

KBR, Jakarta - Bulan Ramadan bisa jadi momen yang tepat untuk mengubah gaya hidup. Olah raga ringan selama puasa sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan imunitas, misalnya jalan kaki atau bersepeda. Jalak kaki dan bersepeda juga bisa jadi solusi hijau untuk kurangi emisi. Caranya Gimana?

Episode kali ini Reski Messanto ngupas manfaaf jalan kaki dan bersepeda ditemenin Rizkiana Sidqiyatul Hamdani (Peneliti Urban Greenpeace Indonesia), Marzuki Wahid - Rektor Institut Studi Islam Fahmina & Pengurus Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama) dan Fahmi Saimima (Ketua Umum Bike to Work Indonesia).

Dengan latar belakang sebagai peneliti urban, Rizkiana Sidqiyatul (Sidqi) mencoba membatasi penanganan masalah pencemaran udara di Indonesia yang sangat luas, karena punya masalah dan penanganan yang berbeda-beda. Kontek pencemaran udara yang dimaksud Sidqi adalah yang terjadi di perkotaan. Tingkat pencemaran udara di perkotaan di Indonesia sangat tinggi, khususnya partikel PM 2.5 menempati urutan ke-17 terburuk di dunia.

Tingkat pencemaran udara yang tinggi di perkotaan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Fahmi dan komunitas sepedanya. Visi utama Bike to Work adalah memberikan kualitas hidup yang layak bagi bangsa Indonesia. Tidak harus bersepeda atau berjalan kaki, Bike to Work lebih mendorong masyarakat untuk bijak dalam menggunakan kendaraan bermotor dan mulai beralih menggunakan transportasi publik.

Dalam pandangan Islam menurut Ustadz Marzuki, manusia adalah khalifah di muka bumi ini, yang diberi amanah oleh Allah SWT untuk memakmurkan bumi. Bukan merusak atau mengekspolitasi. Bumi menjadi panas, bumi menjadi tidak ramah bagi makhluk penghuninya.

Lebih jauh soal obrolan ini bisa anda simak di Spotify, KBRPrime dan youtube Berita KBR

Ramadan ini, kampanye Ummah4Earth mengajak kita untuk menantang kebiasaan lama dan mengadopsi yang baru dengan cara yang menyenangkan demi menyelamatkan bumi lewat permainan Truth or Dare di situs https://tord.ummah4earth.org/ dengan tagar #Dare2gether #ChallangeToAction #Ummah4Earth #KrisisIklim #RamadanSeru

Baca juga: Ramadan Vibes: Energi Terbarukan Bukan Lagi Barang Mahal - kbr.id

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Season 5 - Eps. 8 Chico