Bagikan:

ADVERTORIAL

Gandeng Gunung Capital, Habitat Indonesia Bangun Posyandu di Wringinanom Gresik

Keberadaan Posyandu di Desa Kluwung akan memberi banyak manfaat, karena sampai akhir tahun 2021 desa ini tidak memilikinya.

RAGAM

Kamis, 20 Jan 2022 08:37 WIB

Keberadaan Posyandu di Desa Kluwung akan memberi banyak manfaat, karena sampai akhir tahun 2021 desa

Foto bersama jajaran pimpinan dan staf Gunung Capital dan Habitat for Humanity Indonesia

KBR, Jakarta - Gunung Capital, salah satu perusahaan manajemen aset yang fokus dalam bidang infrastruktur dan bahan bangunan berkolaborasi dengan organisasi kemanusiaan Habitat for Humanity Indonesia membangun sebuah pos pelayanan terpadu (posyandu) di Wringinanom, Gresik, tepatnya di Dusun Kluwung, Desa Kesambenkulon.

Keberadaan Posyandu di Desa Kluwung akan memberi banyak manfaat, karena sampai akhir tahun 2021 desa ini tidak memilikinya. Selama ini, para ibu dan anak yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan hanya bisa bertemu dengan kader kesehatan dengan memanfaatkan balai desa atau langsung ke puskesmas.

Pembangunan Posyandu yang dimulai Oktober 2021 memberi banyak harapan bagi warga Desa Kluwung. Liwa Supriyanti, perwakilan dari Gunung Capital menuturkan, bahwa dalam kondisi pandemi akses terhadap fasilitas kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak menjadi lebih sulit, terutama dalam fase sebelum dan sesudah kehamilan. Era digital saat ini belum bisa dijalankan oleh semua daerah, sehingga banyak ketimpangan digital dialami masyarakat.

Sebagai bentuk antusias warga atas terjawabnya permasalahan mereka, setiap dari mereka rela membantu pembangunan posyandu secara bergiliran setiap harinya, hingga Januari 2022 Posyandu akhirnya rampung berdiri. Minggu kedua Januari lalu merupakan awal digunakannya posyandu saat beberapa ibu hamil hendak memeriksa kandungan maupun anaknya.

Eny dan Amenik, kader kesehatan di Dusun Kluwung menuturkan “Rasanya seperti mimpi akhirnya memiliki posyandu di dusun ini. Melayani para ibu dan anak terasa lebih aman, nyaman, dan teratur. Fasilitas yang lengkap terasa sangat membantu karena jika ibu-ibu ada pemeriksaan berlanjut, mereka tidak harus ke puskesmas lagi, sudah bisa disini.”

Untuk meresmikan posyandu yang telah didirikan, Gunung Capital dan Habitat Indonesia mengadakan acara serah terima secara hybrid bertempat di kantor Gunung Capital beralamat di Jl. Sudirman - Jakarta yang secara paralel juga disaksikan oleh para pemimpin Gunung Capital secara virtual.

Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia yang hadir dalam acara serah terima di kantor Gunung Capital Jakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang besar terhadap Gunung Capital, yang berkenan berkolaborasi dengan Habitat Indonesia untuk menjawab permasalahan pelayanan kesehatan di Dusun Kluwung, dengan salah satunya mendirikan posyandu.

Posyandu ini ke depannya diperkirakan akan mampu melayani sekitar 110 ibu dan anak. Semakin banyaknya masyarakat yang dapat dilayani serta efektifnya pelayanan yang dapat dilakukan, diharapkan kesehatan dan pertumbuhan ibu dan anak khususnya di Dusun Kluwung dapat meningkat lebih tinggi.

Tidak hanya untuk ibu dan anak, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, posyandu ini juga diharapkan dapat berfungsi ganda sebagai tempat pertolongan pertama bagi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.

Baca juga: Habitat Charity Golf 2021 untuk Pembangunan Rumah Layak Huni

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Buntu Penolakan Pemekaran Wilayah Papua