Share This

Kampanye, Mulai!

KPU memperkirakan, pemilih muda dari generasi milenial mencapai 40% dari total pemilih. Ini membuat kelompok ini jelas jadi rebutan.

OPINI , EDITORIAL

Senin, 24 Sep 2018 23:57 WIB

Dua pasangan capres deklarasi damai

Dua Pasangan Capres-Cawapres menghadiri Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di kawasan Monas. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja).

Masa Kampanye Pemilu Presiden 2019 resmi dimulai sejak kemarin. Kedua pasangan capres-cawapres, juga partai politik, bisa mulai mempopulerkan diri mereka demi meraih dukungan sebesar-besarnya. Ketua KPU Arief Budiman berpesan, kampanye harus tetap damai, tidak saling menghujat, tapi menampilkan program, visi dan misi. Sosialisasi program adalah kunci. Karena kita, rakyat, bakal memilih calon pemimpin untuk 5 tahun mendatang. Karenanya mesti tahu persis apa yang ditawarkan, ketimbang sibuk memoles tampilan luarnya saja. 

KPU memperkirakan, pemilih muda dari generasi milenial mencapai 40% dari total pemilih. Ini membuat kelompok ini jelas jadi rebutan. Namun generasi milenial dianggap masih galau dengan pilihan politik mereka, alias belum pasti soal siapa yang bakal dipilih. Meski galau, studi terakhir menunjukkan kalau generasi milenial peduli dan punya minat pada isu politik. 

Artinya, partai politik tak boleh sekadar memperhatikan tampilan luar. Butuh lebih dari sekadar memoles gaya busana, cari slogan trendi atau datang ke acara anak muda untuk merebut hati mereka. Generasi milenial pun jangan direduksi sebagai kelompok yang punya keinginan dangkal seperti harga ponsel murah. Mereka adalah kelompok strategis yang krusial bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.