OLAHRAGA

Museum Ronaldo di Madeira Resmi Dibuka

"KBR68H "

Doddy Rosadi

Museum Ronaldo di Madeira Resmi Dibuka
museum, ronaldo, portugal

KBR68H – Pemain terbaik dunia 2009 Cristiano Ronaldo memajang Ballon d’Or di museum yang didedikasikan untuk dirinya. Museum itu terletak di Madeira, kota kelahiran Ronaldo. Bintang Real Madrid tersebut meresmikan pembukaan museum itu kemarin.

Museum itu berisi sejumlah trofi yang pernah dimenangkan Ronaldo, medali dan juga memorabilia di sepanjang karirnya sebagai pemain sepak bola. Sepatu emas yang diraihnya sebagai Pesepakbola Terbaik Dunia versia FIFA 2009 juga menjadi bagian dari museum itu.

Setelah dinobatkan sebagai finalis Ballon d’Or bersama dengan Franck Ribery (Bayern Munich) dan Lionel Messi (Barcelona), Ronaldo mengungkapkan, masih ada tempat untuk satu Ballon d’Or lagi di museum itu.

“Ini merupakan hari yang sangat spesial bagi saya dan saya berharap museum ini juga menjadi hal yang spesial untuk warga kota Madeira. Semua trofi yang pernah saya raih disini semuanya special. Saya tidak akan memilih trofi mana secara khusus yang paling spesial, karena semuanya mempunyai arti khusus bagi saya,”ujar Ronaldo.

Ronaldo memulai karirnya bersama klub Portugal, Sporting Lisbon. Pada 2004, dia direkrut oleh klub Inggris Manchester United. Proses kepindahan Ronaldo ke klub dengan julukan Setan Merah itu berawal dari pertandingan persahabatan yang dilakukan Manchester United di Lisbon. Usai pertandingan, sejumlah pemain Man United seperti Gary Neville mendesak manajer Sir Alex Ferguson untuk merekrut Ronaldo, yang ketika itu baru berusia 18 tahun.

Sejumlah pemain Man United terpesona dengan skill yang dimiliki Ronaldo. Tanpa pikir panjang, Ferguson menggelontorkan dana12 juta poundsterling untuk membawa Ronaldo ke stadion Old Trafford. Selama lima tahun membela Man United, CR7 bertransformasi menjadi salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Usai mempersembahkan trofi liga Champions pada 2008, Ronaldo didaulat sebagai Pesepakbola Terbaik di Dunia pada 2009.

Ronaldo kemudian meninggalkan Manchester United di akhir musim 20008/09 dan pindah ke Real Madrid dengan status pesepakbola termahal di dunia. Rekor itu bertahan selama empat tahun dan dipecahkan oleh Gareth Bale, yang juga diboyong Madrid dari klub liga Inggris lainnya yaitu Tottenham Hotspur. (Reuters)

  • museum
  • ronaldo
  • portugal

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!