OLAHRAGA

Mandela Meninggal, Dunia Olahraga Pun Ikut Berduka

"KBR68H, Washington - Dalam dunia olahraga, Nelson Mandela bahkan memiliki kemampuan untuk memberi inspirasi kepada tokoh-tokoh inspiratif dan membuat bintang-bintang olahraga internasional benar-benar terkagum-kagum olehnya."

Tony Hotland

Mandela Meninggal, Dunia Olahraga Pun Ikut Berduka
mandela, olahraga, pele, muhammad ali

KBR68H, Washington - Dalam dunia olahraga, Nelson Mandela bahkan memiliki kemampuan untuk memberi inspirasi kepada tokoh-tokoh inspiratif dan membuat bintang-bintang olahraga internasional benar-benar terkagum-kagum olehnya.
 
Pemimpin anti-apartheid, bekas presiden Afrika Selatan dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang meninggal hari Kamis pada usia 95 tahun, memicu banyak pernyataan kesedihan dari para atlet terkenal dan badan-badan olahraga terkemuka di dunia.
 
Muhammad Ali, yang juga merupakan teladan bagi begitu banyak orang, mengatakan Mandela mengilhami banyak orang untuk “meraih apapun yang tampaknya tidak mungkin.''
 
“Yang akan selalu saya kenang tentang Mandela adalah ia merupakan orang yang memiliki hati, jiwa dan semangat yang tidak dapat dibendung atau dikendalikan oleh ketidakadilan rasial dan ekonomi, jeruji penjara atau beban kebencian dan balas dendam,'' kata Muhammad Ali dalam pernyataan yang disampaikan oleh yayasannya.
 
Pele menulis, “Ia merupakan pahlawan, dan teman saya.”
 
Tiger Woods menyebut pertemuannya dengan Mandela pada tahun 1998 sebagai “momen inspiratif.”

“Ini berita menyedihkan bagi semua orang yang berkesempatan untuk bertemu dengan Mandela, dan saya telah terinspirasi oleh Mandela,'' kata Tiger Woods.
 
Usain Bolt mengunggah di Twitter : “Salah satu manusia paling mulia dalam sejarah.''
 
Pemain bola basket NBA LeBron James mengatakan : “Dalam usia 95 tahun, ia mampu melakukan hal-hal luar biasa tidak hanya untuk Afrika Selatan tetapi bagi seluruh dunia.''
 
Banyak olahragawan mencintai Mandela, Mandela-pun mencintai olahraga dan menghargai potensi besar kebaikan olahraga. Tidak perlu jauh-jauh dari negaranya sendiri, di mana ia terkenal karena menggunakan turnamen Piala Dunia Rugby 1995 untuk merobohkan salah satu ringtangan terakhir untuk menghapus apartheid. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

  • mandela
  • olahraga
  • pele
  • muhammad ali

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!