OLAHRAGA

Warga Brasil Kecam Pernyataan Pele

"Legenda sepak bola Brasil Pele meminta ribuan pengunjuk rasa yang memprotes buruknya pelayanan transportasi publik dan korupsi untuk menghentikan aksinya dan fokus pada sepak bola. Permintaan Pele ini kontan memicu kecaman di jejaring media sosial."

Antonius Eko

Warga Brasil Kecam Pernyataan Pele
pele, piala konfederasi, brasil

Legenda sepak bola Brasil Pele meminta ribuan pengunjuk rasa yang memprotes buruknya pelayanan transportasi publik dan korupsi untuk menghentikan aksinya dan fokus pada sepak bola. Permintaan Pele ini kontan memicu kecaman di jejaring media sosial.

Brasil tengah menjadi tuan rumah Piala Konfederasi yang dimulai sejak Sabtu pekan lalu. Turnamen ini sebagai pemanasan menjelang Piala Dunia tahun depan. Diperkirakan 600 ribu penggemar sepak bola bakal datang ke Brasil menyaksikan kejuaraan empat tahunan itu.

Aksi unjuk rasa itu berasal di dua kota besar Sao Paulo dan Rio de Janeiro, yang kemudian meluas ke seluruh Brasil. Keputusan pemerintah untuk menaikan tarif transportasi membuat sebagian besar masyarakat Brasil kian terhimpit, ditambah inflasi yang mencapai 6,5 persen per tahun. Aksi kali ini menjadi unjuk rasa terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Komentar Pele itu telah mencemarkan citranya sebagai legenda sepak bola Brasil. Masyarakat menilai Pele sudah hidup mewah sehingga tak memahami kesulitan yang dialami warga miskin.

“Coba Anda pergi ke rumah sakit dan lihat kondisinya di sana, atau naik bus tanpa pengawalan. Baru Anda bisa berkomentar. Renovasi stadion Piala Dunia membutuhkan dana besar, yang seharusnya bisa untuk pendidikan dan perbaikan kualitas pendidikan,” tulis seorang warga Brasil di situs jejaring sosial menanggapi pernyataan Pele. (scmp)


  • pele
  • piala konfederasi
  • brasil

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!