NUSANTARA

Pengamanan Natal 2022, Keuskupan Agung Semarang Gandeng Banser NU

"Keuskupan Agung Semarang juga melibatkan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) untuk pengamanan selama ibadah Natal berlangsung."

Anindya Putri

pengamanan natal
Petugas gereja menghias pohon Natal dari bambu di Kapel Stepanus Bunder Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (21/12/2022). (Foto: ANTARA/Aloysius Jarot)

KBR, Semarang - Keuskupan Agung Semarang menyebut pengamanan Natal dan penjagaan perayaan ibadah Natal 2022 di 107 gereja tidak hanya melibatkan TNI/Polri.

Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang, Romo Edy Purwanto mengatakan sejumlah gereja di bawah naungan Keuskupan Agung Semarang juga melibatkan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) untuk pengamanan selama ibadah Natal berlangsung.

"Seluruh paroki ada kerjasama dengan polri dan TNI sehingga selama ini sudah berjalan dengan baik. Kalau dengan rekan Banser tidak di semua gereja karena ada beberapa daerah yang memang banyak keluarga Khatolik sehingga tidak banyak keluarga muslim di sekitarnya sehingga Banser tidak dilibatkan," kata Romo Edy kepada KBR di Semarang, Kamis (22/12/2022).

Romo Edy menjelaskan, pihaknya selalu melibatkan Banser dan sejumlah pemuda lintas agama setiap perayaan Natal.

"Tidak hanya Banser, pemuda lintas agama juga biasanya ikut membantu mengamankan perayaan Natal," katanya.

Baca juga:


Tenda luar

Selain persiapan pengamanan dan penjagaan menjelang perayaan Natal 2022, Keuskupan Agung Semarang juga menyiapkan tenda, dengan ukuran besar di luar gereja untuk menampung jemaat yang akan melaksanakan ibadah Natal.

"Kami juga sudah minta gereja yang akan menggelar ibadah untuk mendirikan tenda di luar agar jemaat tidak berdesakan di dalam," tutur Romo Edy.

Ia meminta kepada jemaat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama mengikuti ibadah Natal 2022.

"Karena ini masih COVID-19 maka protokol kesehatan tetap kami jalankan," imbuhnya.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

  • Natal 2022
  • pengamanan natal
  • Nataru

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!