BERITA

Puluhan Perahu Nelayan di Rembang Rusak Diterjang Ombak

"Dua perahu hilang, sisanya sebagian besar hancur berkeping-keping."

Musyafa

Perahu tergulung ombak di Rembang, Jawa Tengah.
Perahu yang tergulung ombak di pesisir pantai utara Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Sejumlah nelayan berupaya mengevakuasi, Minggu, (05/12). Foto: KBR/Musyafa.

KBR, Rembang- Ombak besar dan angin kencang mengakibatkan belasan perahu nelayan tenggelam di pesisir pantai utara Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kondisi terparah terjadi di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang. Di sana ada sembilan unit perahu tenggelam tergulung ombak.

Abdul Aziz, salah satu pemilik perahu mengatakan ombak besar disertai angin kencang terjadi sekira pukul 22.00 WIB, Sabtu malam (04/12). Kata dia, jangkar untuk memperkuat tambatan tak kuat bertahan, sehingga perahu tenggelam dan menghantam tumpukan batu pemecah gelombang.

Dua perahu hilang, sisanya sebagian besar hancur berkeping-keping. Kalaupun ada perahu yang masih bisa diselamatkan, kondisinya rusak parah.

"Tapi mesin perahu, masih bisa kita amankan. Untuk perahu kepunyaan saya, hancur," ungkapnya di sela-sela proses evakuasi perahu, Minggu (5/12).

Baca juga:

Abdul Aziz memperkirakan nilai kerugian bervariasi, antara Rp20–50 juta per perahu, bergantung pada ukuran dan tingkat kerusakan. Akibat kejadian ini, nelayan tidak bisa lagi bekerja. Ia berharap ada uluran tangan dari pemerintah.

"Kalau ingin melaut, ya terpaksa menumpang ke perahu rekannya. Tapi, mohon pemerintah sudi membantu kami yang terkena musibah, karena perahu menjadi andalan ekonomi kami untuk menghidupi keluarga," beber Aziz.

Selain di Desa Karangmangu, 12 unit perahu nelayan di Desa Temperak, Kecamatan Sarang, juga rusak akibat ombak besar. Tak ada korban jiwa dalam serangkaian peristiwa tersebut.

Editor: Sindu

  • Puluhan Perahu di Rembang Rusak Diterjang Ombak
  • Ombak Besar di Pantai Utara Rembang Jawa Tengah
  • Kementerian Kelautan dan Perikanan
  • BMKG
  • Evakuasi perahu rusak di Rembang
  • Cuaca di Rembang Jawa Tengah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!