Bagikan:

Diperkirakan 4,8 Juta Orang Masuk Jateng Selama Libur Nataru

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah memperkirakan sebanyak 4,8 juta orang akan masuk ke Jawa Tengah pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

BERITA | NUSANTARA

Senin, 06 Des 2021 17:13 WIB

Author

Anindya Putri

Nataru

Suasana kendaraan melintas di ruas tol Jagorawi, Jakarta Timur, Minggu (5/12/2021). (Foto: ANTARA/Yulius Satria)

KBR, Semarang - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah memperkirakan sebanyak 4,8 juta orang akan masuk ke Jawa Tengah pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Henggar Budi mengatakan telah berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait untuk mengantisipasi membludaknya orang yang masuk ke Jawa Tengah. Di antaranya dengan tes antigen secara acak di sejumlah terminal dan rest area.

"Dari 19 juta tingkat nasional ada prediksi yang pergerakannya masuk ke Jawa Tengah sebanyak 24 persen, kisaran 4,8 juta orang. Kami antisipasi dengan melakukan test random antigen di beberapa cek point seperti terminal tipe A dan terminal tipe B serta di rest area," kata Henggar kepada KBR, Senin (6/12/2021).

Baca juga:

Tes Acak

Henggar mengatakan pemerintah provinsi tidak melakukan penyekatan jalan. Namun, pemerintah daerah akan melakukan tes acak antigen serta pemeriksaan dokumen syarat perjalanan seperti bukti vaksinasi tahap kedua di perbatasan antarprovinsi seperti Sragen, Magelang dan Brebes.

"Daerah batas antar provinsi juga akan dilakukan pemeriksaan," kata Henggar.

Ia menambahkan untuk pemeriksaan pada penumpang tranportasi kereta api, kapal dan pesawat lebih mudah dikendalikan lantaran diterapkannya kebijakan test PCR atau antigen sebelum melakukan perjalanan.

"Untuk tiga transportasi itu pemantauannya lebih mudah, ya jika dibandingkan dengan yang menggunakan kendaraan pribadi," imbuhnya.

Ia mengimbau masyarakat menaati aturan dan tidak melakukan perjalanan jika memang tidak ada keperluan yang mendesak.

"Sudah ada imbauan tidak ada libur, jadi tolong tetap dirumah saja," katanya.

Di Jawa Tengah, jumlah terminal angkutan darat tipe A sebanyak 22 terminal dan tipe B sebanyak 21 terminal. Dinas Perhubungan akan melakukan tes antigen secara acak di terminal-terminal itu.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio