BERITA

Di Kaltim Beredar Tembakau Sintetis Mengandung Narkotika

"Tembakau sintetis yang mengandung narkoba ini bisa diketahui setelah melalui uji laboratorium."

Teddy Rumengan

Di Kaltim Beredar Tembakau Sintetis Mengandung Narkotika
Ilustrasi rokok elektrik. (Foto: Antonin Fels/Unsplash)

KBR, Balikpapan– Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan menemukan peredaran narkotika jenis baru yang ditemukan dalam tembakau sintetis. Kepala BNNK Balikpapan M. Daud mengatakan, tembakau sintetis yang mengandung narkoba ini bisa diketahui setelah melalui uji laboratorium.

“Kalau penggunaan tembakau sintetis setelah dilakukan uji lab dan kami cek di daftar lampiran kesehatan itu masih golongan satu. Tapi tidak semua, makanya perlu uji lab karena tidak semuanya positif mengandung narkotika. Makanya harus uji lab, kadang ada yang positif ada yang negatif,” ujar M. Daud, Selasa (22/012)

Kata dia, narkotika jenis baru itu kini marak menyasar kalangan anak muda dan dijual secara online dengan sandi-sandi khusus. Untuk menggunakannya harus dicampur dengan rokok legal yang biasa dijual atau menggunakan rokok elektrik (vape).

Dari penelusuran BNNK, rokok sitentis tersebut dikirim dari Pulau Jawa menggunakan ekspedisi. Kata dia, tahun ini BNNK Balikpapan mengungkap, 3 kasus peredaran rokok sintetis yang kini tengah ditangani.

Editor: Friska Kalia

  • vape
  • rokok elektrik
  • tembakau
  • narkoba
  • BNN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!