BERITA

Tahun Baru di Bandung, Dijaga 2000an Polisi

Tahun Baru di Bandung, Dijaga 2000an Polisi


KBR, Bandung- Sebanyak 2000an lebih anggota kepolisian disiagakan pada malam perayaan pergantian tahun akhir pekan ini di Bandung, Jawa Barat. Kepala Polisi Kota Bandung Hendro Pandowo, mengatakan ribuan aparat akan berjaga di lima tempat di Kota Bandung. Kelima tempat itu adalah Alun alun Kota Bandung, Kawasan Dago, Lapangan Gasibu, Alun-alun Ujungberung dan Jalan Layang Pasopati.

"Disamping anggota (polisi) lalu lintas, anggota sabhara, kita siapkan pasukan pemukul (berpusat) dari Lapangan Gasibu manakala terjadi kerawanan perkelahian, sudah ada pasukan pemukul, nanti dibagi per zona. Kita bagi misalnya satu pasukan pemukul untuk menangani lima wilayah," kata Hendro Pandowo di Bandung, Rabu (28/12).


Hendro Pandowo mengatakan pasukan pemukul ini dilengkapi dengan peralatan lengkap berupa senjata api laras panjang dan pendek serta rompi anti peluru dan helm. Kepolisian, kata Hendro juga menerapkan rekayasa lalu lintas di 15 jalan raya. Tujuannya untuk menghindari kemacetan yang terjadi saat pergantian tahun.


Polisi Sita Knalpot "Brong" di Jombang

Sementara itu di Jombang, Jawa Timur, menjelang pergantian tahun, Polisi Satuan Lalu Lintas di Jombang, Jawa Timur terus menggelar razia knalpot tak sesuai standar atau biasa disebut knalpot brong. Razia tersebut dilakukan agar saat momen perayaan pergantian tahun 2016 ke 2017 tidak adanya suara bising arak-arakan kendaraan dari knalpot yang sudah dimodifikasi tersebut.


Kepala Satuan lalu Lintas Polres Jombang, Mellysa Amalia, menjelaskan, selain ditilang ditempat, petugas juga menyita sepeda motor pelanggar selama kurun waktu dua minggu. Selain itu, mereka yang ditilang juga diwajibkan memasang kembali knalpot standart aslinya saat hendak mengambil barang bukti sepeda motornya di kepolisian setempat.


"Selanjutnya nanti apabila sudah melaksanakan sidang akan mengembalikan knalpot brong tersebut ke bentuk aslinya di Satlantas Polres Jombang dan diawasi oleh petugas, didampingi oleh Petugas baru bisa kendaraan tersebut dibawa kembali," Kata Mellysa, Rabu (28/12/16).


Alhasil dalam sehari, razia dengan sasaran kendaraan roda dua itu telah menyita sebanyak 75 kendaraan yang menggunakan kenalpot brong. Razia itu akan dilakukan polisi hingga malam pergantian tahun mendatang.

Editor: Dimas Rizky 

  • Pergantian Tahun
  • Tahun Baru
  • Tahun Baru 2017
  • Polisi berjaga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!