Bagikan:

Polres Pati Kerahkan Anjing Pelacak Jaga Misa Natal

Satuan Shabara Polres Pati dan Brimob mulai menyisir gereja-gereja yang berada di wilayah tersebut.

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 24 Des 2016 15:09 WIB

Author

Agus Pambudi

Polres Pati Kerahkan Anjing Pelacak Jaga Misa Natal

Petugas Kepolisian gabungan, Satuan Shabara Polres Pati dan Brimob menyisir gereja. Foto: Agus Pambudi/KBR

KBR, Pati - Satuan Shabara Polres Pati dan Brimob mulai menyisir gereja-gereja yang berada di wilayah tersebut. Penyisiran ini merupakan bagian dari pengamanan jelang ibadah misa Natal.

Tim gabungan ini, mendatangi satu persatu gereja dan memeriksa setiap sudut gereja pun kendaraan yang masuk sejak pagi tadi. Dalam pantauan KBR, polisi mengecek lingkungan gereja dengan metal detektor dan anjing pelacak.

Kapolres Pati, Ari Wibowo yang turut didampingi Kasat Sabhara Amlis Chaniago, mengatakan hal ini dilakukan demi memastikan ibadah berjalan aman.

“Kami petugas gabungan dari Polres dan Brimob mengadakan patroli pengamanan gereja selama ada kegiatan natal,” katanya.

Baca juga: Tangkap Teroris, Kapolri Jamin Natal dan Tahun Baru Aman

Sementara itu, KBO Satuan Sabhara Polres Pati, Tri Atmojo menambahkan, dalam patroli penyisiran hari ini pihaknya menerjunkan satu regu dan menyiagakan di masing-masing gereja 1 regu. Serta menerjunkan anjing pelacak untuk memaksimalkan penyisiran.

“Melibatkan anjing pelacak ini, seandainya ada benda-benda yang mungkin mencurigakan atau menghalau massa yang mungkin tidak menyetujui adanya kegiatan Natal,” tuturnya.

Bukan hanya di perkotaan saja, patroli dan penyisiran serupa juga dilakukan hingga di tingkat kecamatan yang dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) setempat.

Baca juga: Jaga Natal dan Tahun Baru, TNI Keluarkan Sepertiga Kekuatan




Di Jakarta, Polda Metro Terjunkan 6 Ribu Personel

Jelang ibadah misa Natal, Kepolisian Jakarta menurunkan enam ribu anggotanya. Juru Bicara Polda Metro Jaya, Argo Yuwono menyebut, prioritas penjagaan bakal dilakukan di gereja-gereja besar semisal Katedral.

Dia pun menjamin, pelaksanaan misa Natal berlangsung aman. Pasalnya, seluruh jajaran polisi telah diamanatkan untuk mewaspadai ancaman teror.  

"Ya kita secara keseluruhan enam ribu lebih personel. Kita sudah semuanya yang terpenting seluruh kegiatan aman. Makanya semua anggota sudah menempati pos-pos kita turunkan semua. Terutama semua anggota harus menyentuh setiap gereja yang ada di wilayahnya," kata Juru Bicara Polda Metro Jaya, Argo Yuwono kepada KBR, Sabtu (24/12/2016).

Argo Yuwono menambahkan, selain memfokuskan penjagaan pada tempat peribadahan. Kepolisian juga menjaga pusat-pusat keramaian seperti mal, bandara, terminal dan tempat hiburan.

"Nanti itu ada beberapa selain dari tempat wisata, tempat belanja, hiburan semuanya kita jaga. Di pelabuhan, stasiun, bandara juga kita jaga tempat mobilitas manusia. Kita juga tambah bantuan dari TNI, dari Damkar, Dishub, Satpol PP," katanya.





Editor: Quinawaty 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Catatan untuk TNI

Most Popular / Trending