BERITA

Empat Sungai Besar di Rembang Rusak

"Kerusakan terparah terjadi di Sungai Randugunting yang memanjang antara Kecamatan Sumber hingga Kecamatan Kaliori."

Musyafa

Empat Sungai Besar di Rembang Rusak
Salah satu titik di Sungai Kaliori. Foto: Musyafa/KBR

KBR, Rembang – Empat sungai besar di Kabupaten Rembang rusak karena minimnya upaya normalisasi. Keempat sungai tersebut adalah Sungai Bagan,Sungai Kragan, Sungai Kalipang dan Sungai Randugunting. Dari empat sungai itu, Sungai Randugunting merupakan yang terparah kerusakannya.

Perangkat Desa Tunggulsari, Kecamatan Kaliori, Anshori mengatakan, pihaknya pernah menggalang dana untuk mengeruk sungai. Namun, kata dia, dana tersebut tidak cukup untuk menormalisasi semua bagian sungai, karena hanya cukup untuk 200an meter. Ia mendesak pemerintah daerah bisa menormalisasi sungai sehingga tidak banjir saat hujan.

“Waduk yang ada di selatan desa juga perlu diperbaiki, supaya airnya tidak melimpas dan ditampung, agar airnya bisa dimanfaatkan untuk pengairan sawah. Khusus di sini untuk mengatasi banjir ya sungainya harus dikeruk, karena pendangkalan sudah lumayan parah. Kalau desa jelas tidak mampu, karena bentangan sungainya terlalu panjang," jelasnya kepada KBR, Kamis (01/12).


Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Suharso menjelaskan normalisasi 4 sungai besar di wilayahnya terkendala keterbatasan anggaran.


Biaya normalisasi butuh dana puluhan miliar rupiah. Menurutnya, perlu ada skala prioritas. Salah satunya yang mendesak ditangani adalah sungai Randugunting di perbatasan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai (BBS) Pemali–Juana terkait masalah ini.

Editor: Sasmito

  • normalisasi sungai
  • Warga Rembang
  • banjir

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • ur mom3 months ago

    hiiii anyways this is ur mom