BERITA

Jelang Malam Pergantian Tahun, Stok Darah PMI Bandung Aman

" Saat ini jumlah persediaan darah untuk seluruh golongan mencapai lebih dari 3.500 labu."

Arie Nugraha

Jelang Malam Pergantian Tahun, Stok Darah PMI Bandung Aman
Ilustrasi foto: Antara

KBR, Bandung- Persediaan darah di PMI Kota Bandung berlebih, menjelang pergantian tahun. Hal itu disebabkan dipacunya jumlah pendonor setiap menjelang hari raya keagamaan dan libur panjang. Menurut Kepala Bidang Transfusi Darah PMI Kota Bandung, Wahyu Suryawidjadja, saat ini jumlah persediaan darah untuk seluruh golongan mencapai lebih dari 3.500 labu. Angka ini dua kali lipat dari target, dan cukup untuk dua pekan mendatang. 

"Kemarin kita sudah melakukan upaya agar supaya stok darah kita tidak terlalu melimpah, untuk golongan B dan golongan O donornya ditunda selama satu minggu. Tapi sekarang sudah diperbolehkan lagi. Mereka itu ditangguhkan sampai tanggal 23 Desember 2015. Jadi sekarang sudah mulai diterima lagi," ujarnya di UTD PMI, Jalan Aceh, Bandung, Senin (28/12). 

Dia menyebutkan persediaan darah ini juga memenuhi kebutuhan darah bagi rumah sakit. Seperti permintaan dari rumah sakit di Cianjur dan Sukabumi. Unit Transfusi Darah PMI Kota Bandung per hari ini, mencatat ada 1.500 labu golongan darah O, 1.300-an labu golongan darah A, 1.000-an labu golongan darah B dan 500-an labu golongan darah AB.  

Editor: Damar Fery

Editor: Rio Tuasikal

  • stok PMI
  • stok darah
  • PMI Bandung

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!