Bagikan:

Jelang Akhir Tahun Harga Bawang di Banyuwangi Naik

Kenaikan harga disebabkan oleh menipisnya pasokan sayur saat musim hujan ini

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 29 Des 2015 14:37 WIB

Jelang Akhir Tahun Harga Bawang di Banyuwangi Naik

Ilustrasi foto: Antara

KBR, Banyuwangi- Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur tahun terus naik menjelang tahun baru. Bawang merah naik Rp. 10.000 per kilogramnya menjadi Rp. 32.000 per kilogram.  Sedangkan bawang putih dari Rp. 20.000 per kilogramnya naik menjadi Rp. 26.000 per kilogramnya. 

Menurut salah satu Pedagang di Pasar Jajag Banyuwangi, Sugiatik, kenaikan harga bawang sudah terjadi sejak sepekan lalu. Dia mengaku terpaksa menaikan harga akibat menipisnya pasokan sayur saat musim hujan ini. Sedangkan permintaan dari konsumen terus meningkat.  Kenaikan harga juga terjadi pada jenis sayur lainnya.

"Wortel yang tadinya 14 sekarang 16 ribu, terus brongkol hijau ini naiknya tambah mahal yang tadinya 25 sekarang 40 ribu. Petani panenan sedikit terus barang-barangnya juga sedikit otomatis mahal,‚ÄĚkata Sugiatik, Selasa (29/12/2015). 

Pedagang di Pasar Jajag Banyuwangi Sugiatik memperkirkan, harga sayur baru akan stabil pada awal tahun 2016 nanti. Selain bawang merah, harga telur, wortel, brokoli, dan cabai rawit juga ikut naik. Kenaikan bervariasi antara 2000 rupiah sampai 15 ribu rupiah. 

Editor: Malika

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?