NUSANTARA

Amankan Tahun Baru, Polisi Siaga Penuh

"Kepolisian Indonesia menggandakan keamanan di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi gangguan keamanan yang dilakukan kelompok teror pada malam pergantian tahun baru nanti."

Ade Irmansyah dan Suara Gratia

Amankan Tahun Baru, Polisi Siaga Penuh
Amankan Tahun Baru, Polisi

KBR, Jakarta -  Kepolisian Indonesia menggandakan keamanan di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi gangguan keamanan yang dilakukan kelompok teror pada malam pergantian tahun baru nanti.

Kepala Kepolisian Indonesia, Sutarman mengatakan, yang menjadi target pengamanan adalah pos-pos pengamanan di seluruh Indonesia, tempat ibadah dan tempat wisata atau tempat perayaan pergantian malam tahun baru.

Meski demikian kata dia, belum ada laporan intelegen terkait adanya indikasi gangguan yang dilakukan oleh pihak mana pun.

“Dlm surveilance kita belum ada ancaman-ancaman, tetapi polisi tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap sel-sel teroris yang mungkin akan melakukan aksinya pada malam tahun baru, baik terhadap anggota  kita yang sedang bertugas di lapangan, pos-pos kita, termasuk kantor-kantor, pos playanan, tempat ibadah yang digunakan saat pergantian malam tahun baru, kita pasti akan meningkatkan penjagaan,” ujar Sutarman kepada wartawan di Gedung Mabes Polri, Rabu (31/12).

Sutarman juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak berlebih-lebihan merayakan malam pergantian tahun mengingat Indonesia dirundung serangkaian bencana dan kecelakaan transportasi. Mulai dari bencana longsor Banjarnegara, hingga jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

Pengamanan di Cirebon


Di Cirebon, Kepolisian Resort Cirebon Kota (Ciko) menerjunkan kekuatan penuh personelnya untuk melakukan pengamanan perayaan Tahun Baru 2015.

Kapolres Cirebon Kota Dani Kustoni, menyatakan, akan menerjunkan sebanyak 585 personel termasuk Brimob.

"Kami tidak akan berspekulasi dalam melakukan pengamanan perayaan pergantian tahun. Malam pergantian tahun nanti, Kota Cirebon akan dikunjungi masyarakat dari wilayah III Cirebon, yaitu Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka. Oleh karena itu, kami mengerahkan kekuatan penuh,” kata Dani Kustoni saat ditemui di Mapolsekta Cirebon Utara Barat Selasa (30/12) lalu.

Menurutnya, konsentrasi massa akan terjadi di beberapa titik di jalan-jalan utama di Kota Cirebon seperti di Jl. Kartini, Jl. Siliwangi, Jl. Ciptomangunkusumo, dan Jl. Tuparev.

Selain itu, pihaknya juga akan mengamankan sejumlah kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan pergantian tahun baru baik yang diadakan oleh Pemerintah maupun tempat-tempat hiburan.

Ia melanjutkan, dari hasil rapat koordinasi dengan dinas terkait, memutuskan tidak akan memberlakukan sistem buka tutup. Pengaturan lalu, hanya dilakukan melalui rekayasa lalu lintas yang dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi. (Frans Mokalu)

Editor: Anto Sidharta

  • Amankan Tahun Baru
  • Polisi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!