NUSANTARA

Polda Maluku Utara Kerahkan 300 Personil Amankan Pilkada Ulang

"KBR68H, Ternate "

Erwin Djamilgo

Polda Maluku Utara Kerahkan 300 Personil Amankan Pilkada Ulang
Polda Maluku Utara Kerahkan 300 Personil Amankan Pilkada Ulang

KBR68H, Ternate – Kepolisian Daerah Maluku Utara menerjunkan 300 personil untuk mengamankan pemungutan suara ulang pemilihan gubernur di delapan Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula. Pemungutan suara ulang itu dilakukan 27 Januari mendatang.


Kapolda Maluku Utara, Sobri Efendi Surya mengatakan, pengamanan TPS hingga PPK dilakukan oleh aparat Polda. Sedangkan, pengamanan wilayah dilakukan Polres Kabupaten Kepulauan Sula.

“Ada dua kategori, yaitu pengamanan TPS, PPK dan pengamanan wilayah, untuk pengamanan wilayah adalah Polres dan polsek sedangkan pengamanan PPS dan PPK dilakukan oleh Polda, nah kekuatannya lagi kita susun, pergeserannya menunggu jadwal dari KPU, mungkin kita akan geser lebih kurang 250 sampai 300 personil,” ungkapnya.

Sobri Efendi Surya menambahkan, Polda Maluku Utara masih menunggu dana pengamanan Pilkada cair. Dana itu sekitar Rp 8 miliar.

Sebelumnya, putusan Sela Mahkamah Konstitusi meminta KPU Maluku Utara mengganti seluruh perangkat penyelenggara pilkada di tingkat kecamatan hingga desa yang berada di delapan kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula. Selain itu, KPU Maluku Utara juga diperintahkan menggelar pemungutan suara ulang karena ada kecurangan. (Baca: KPU Kabupaten Kepulauan Sula Dinonaktifkan)

Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Polda Maluku Utara Kerahkan 300 Personil Amankan Pilkada Ulang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!