NUSANTARA

Penghulu Mogok, Kemenag Usulkan Biaya Lembur

"KBR68H, Jakarta - Kementerian Agama mengancam akan menerapkan tarif resmi bagi mempelai yang hendak menikah di luar Kantor Urusan Agama dan jam kerja. Inspektur Jenderal Kementerian Agama M.Jassin mengatakan, ancaman itu akan dilaksanakan jika Kementerian"

Guruh Dwi Riyanto

Penghulu Mogok, Kemenag Usulkan Biaya Lembur
penghulu, mogok, kemenag, suap

KBR68H, Jakarta - Kementerian Agama mengancam akan menerapkan tarif resmi bagi mempelai yang hendak menikah di luar Kantor Urusan Agama dan jam kerja. Inspektur Jenderal Kementerian Agama M.Jassin mengatakan, ancaman itu akan dilaksanakan jika Kementerian Keuangan tak mau membayar lembur penghulu tersebut.

 Menurutnya, tarif itu akan dikenakan berdasarkan kemampuan mempelai.

"Makanya saya usulkan kalau APBN tidak mampu membiayai. Kita terapkan tarif variatif atau tarif orang miskin, orang kaya dan orang yang biasa menyelenggarakan dengan cara yang lebih mewah lagi, di gedung misalnya, berbeda tarifnya. Itu nanti disetorkan ke kas negara. Baliknya kas negara ke kita diterapkan untuk operasional yang nanti diterapkan dalam peraturan menteri agama," ujar Inspektur Jenderal Kementerian Agama M.Jassin dalam program Sarapan Pagi KBR68H.

Sebelumnya,ratusan penghulu di Jawa Timur melakukan mengancam tidak menikahkan di luar balai nikah. Sebab, Kejaksaan Negeri Kediri menetapkan Kepala KUA setempat sebagai tersangka korupsi. Pegawai negeri itu diduga menerima suap ketika menikahkan di luar kantor dan jam kerja.

Baca:  Habis Dokter, Mogoklah Penghulu

Editor: Suryawijayanti 

  • penghulu
  • mogok
  • kemenag
  • suap

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!