NUSANTARA

Pemprov Jakarta Harus Informasikan Pergerakan Air Sungai

"Pemerintah Provinsi Jakarta diminta mempublikasikan informasi rinci terkait pergerakan air sungai."

Nurika Manan

Pemprov Jakarta Harus Informasikan Pergerakan Air Sungai
banjir, Jakarta, Bogor, Katulampa

Pemerintah Provinsi Jakarta diminta mempublikasikan informasi rinci terkait pergerakan air sungai.

Pengamat Tata Kota Marco Kusumawijaya mengatakan, informasi itu bakal membantu warga mengantisipasi peningkatan volume air saat hujan lebat. Ia menyebutkan, usulan itu merupakan salah satu solusi jangka pendek untuk menghindari kerugian dan korban banjir di DKI.

"Yang paling penting dilakukan Pemerintah adalah memberikan informasi yang rinci kepada warga. Karena secepat apa pun mereka melakukan perbaikan di sana sini, banjir akan tetap terjadi dalam 5-10 tahun ke depan. Karena itu, sangat penting memberikan informasi yang rinci dengan bahasa yang sederhana tentang gerak air itu dari mana ke mana. Kalau warga tahu secara rinci sesuai wilayahnya, mereka akan bisa menghindar atau mengambil tindakan mandiri lainnya yang tidak bisa kita bayangkan karena kreatifitas masyarakat kan ada aja,” kata Marco.

Menurut Marco, untuk solusi jangka panjang, pemerintah diminta untuk mengembalikan kapasitas alam, diantaranya memperbanyak tetumbuhan yang mampu menahan air dari daerah hulu.

  • banjir
  • Jakarta
  • Bogor
  • Katulampa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!