NUSANTARA

Banjir Bandang di Dompu, 2.000 Warga Dievakuasi

"KBR68H, Mataram - Banjir bandang menerjang beberapa desa di Kecamatan Simpasai, Kabupaten Dompu, NTB, sejak Senin (24/12) pukul 16.00 Wita hingga 06.00 Wita."

Radio Global FM

Banjir Bandang di Dompu, 2.000 Warga Dievakuasi
banjir, dompu

KBR68H, Mataram - Banjir bandang menerjang beberapa desa di Kecamatan Simpasai, Kabupaten Dompu, NTB, sejak Senin (24/12) pukul 16.00 Wita hingga 06.00 Wita. Banjir bandang tersebut membuat lebih dari 2 ribu orang dievakuasi dari tempat tinggal mereka. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut. Data sementara, sekitar 3 ribu rumah terendam banjir dan lebih dari 500 hektar sawah dengan padi yang sudah menguning rusak parah.
 
“ Ini adalah data sementara, karena sewaktu-waktu terus berubah. Informasi sebelumnya ada 2 rumah warga yang hanyut, setapi setelah kami cek, ternyata hanya tempat persinggahan biasa. Kami masih mengantisipasi adanya kiriman banjir dari daerah tetangga, karena hujan besar terus terjadi. Sekarang saja ini sudah awan gelap,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Dompu, Effendi, kepada Reporter Global FM Lombok, via telepon selulernya, Rabu (26/12).
 
Effendi menuturkan, para pengungsi telah diberikan beras sebanyak 13 ton dan berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para korban yang menungsi di tenda pengungsian. BPBD NTB juga telah mengirim 5 personel Tim Reaksi Cepat yang membawa bantuan satu truk berisi makanan siap saji, lauk pauk, peralatan dapur, terpal, tikar, perlengkapan bayi dan anak-anak, sandang, serta perlengkapan keluarga.
 
Banjir bandang lanjut Effendi, berasal dari luapan sungai Laju dan Silo akibat hujan deras yang mengguyur Dompu. Desa yang paling parah terkena banjir, yakni Desa Kandai II di Kecamatan Simpasai dan beberapa desa di Kecamatan Woja. Penanganan banjir bandang dilakukan tim gabungan dari BPBD, Dinas Sosial,  Dompu, Pol PP, Kepolisian dan lainnya baik di Pemerintah Kabupaten Dompu dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. (Radio Global FM)

Sumber: http://www.globalfmlombok.com/content/banjir-bandang-terjang-dompu



  • banjir
  • dompu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!