covid-19

Pemprov DIY Gelontorkan Bansos untuk Masyarakat Terdampak Korona

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, bantuan tersebut bertujuan untuk mendongkrak perekonomian dengan memperbanyak perputaran ekonomi di daerah dan mendukung pertumbuhan daerah.

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 09 Nov 2021 11:42 WIB

Author

Ken Fitriani

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyerahkan bantuan dana sosial dan hibah di Komplek Kepatihan Yogyakar

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyerahkan bantuan dana sosial dan hibah di Komplek Kepatihan Yogyakarta, Senin (8/11/2021). (Foto : KBR/Ken).

KBR, Yogyakarta - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelontorkan dana hibah dan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19 kepada perorangan dan kelompok masyarakat.

Total bantuan sekitar Rp18,238 miliar tersebut bersumber dari Dana Keistimewaan (Danais) dan didistribusikan oleh empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di DIY, yakni Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata dan Satpol PP DIY. 

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, bantuan tersebut bertujuan untuk mendongkrak perekonomian dengan memperbanyak perputaran ekonomi di daerah dan mendukung pertumbuhan daerah.

"Semoga saja bantuan ini bermanfaat. Kami selalu melakukan hal ini dengan masyarakat lain yang ada di Jogja. Semoga saja dengan cara bantuan seperti ini tidak hanya memperkuat kondisi ekonomi warga tapi sebetulnya dari situ pembelanjaannya akan memberikan pertumbuhan ekonomi DIY sendiri," kata Sultan di Komplek Kepatihan Yogyakarta, Senin (8/11/2021).

Menurut Sultan, saat ini kunjungan wisatawan di DIY sudah mulai beranjak ramai. Hal itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. 

Ia mengatakan para pengunjung yang datang ke DIY harus dibuat tertarik untuk membelanjakan uangnya sehingga mampu memicu pertumbuhan ekonomi daerah.

    "Meski sudah memiliki kelonggaran aturan namun masyarakat tidak boleh lengah dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Jika masyarakat abai, bukan tidak mungkin DIY bisa kembali dilanda gelombang Covid-19 seperti yang pernah terjadi," jelas Sultan.

    Baca juga:

    Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY Tri Saktiyana menjelaskan, total dana yang disalurkan Dinas Pariwisata DIY berupa hibah kepada 169 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mencapai Rp4,85 miliar.

    Dinas Koperasi UMKM menggelontorkan dana senilai Rp6,87 miliar kepada sentra dan 33 kelompok asosiasi. Jumlah UMKM yang mendapatkan bantuan mencapai 5.725 unit, Setiap unit usaha mendapatkan Rp1,2 juta.

    Dinas Sosial DIY memberikan bantuan total Rp 2,6 miliar kepada anak yatim piatu yang orangtuanya meninggal disebabkan Covid-19. Tercatat, sebanyak1.784 anak memperoleh Rp1,5 juta. Dinsos DIY juga memberikan Rp32 juta kepada setiap 10 kelompok usaha ekonomi produktif.

    "Sedangkan Satpol PP diberikan hibah untuk penanganan Covid-19 bagi jaga warga di 44 Kelurahan dengan total anggaran Rp1,98 miliar. Kita juga berikan bantuan sarana prasarana Satlinmas Istimewa senilai Rp691 juta. Diberikan juga fasilitas penanganan Covid-19 bagi Satlinmas senilai Rp49 juta," sambung Tri.

    Pemerintah DIY uga memberikan hibah senilai Rp167 juta berupa sarana kesehatan, guna penertiban protokol kesehatan bagi 45 kalurahan di DIY dan Rp590 juta berupa bantuan sosial bahan makanan kepada masyarakat di sejumlah kelurahan di DIY.

    Pada kuartal I dan II 2021 pertumbuhan ekonomi DIY sempat melonjak dan kembali menurun pada kuartal III tahun ini.

    Editor: Ranu Arasyki

    Komentar

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

    BERITA LAINNYA - NUSANTARA

    Kabar Baru Jam 11

    Kabar Baru Jam 10

    Kabar Baru Jam 8

    Kabar Baru Jam 7

    Popsiklus, Pemain Lama Bisnis Daur Ulang yang Makin Relevan