BERITA

Ganjar Pranowo: Jawa Tengah Siap Hadapi Lonjakan Mobilitas Akhir Tahun

"Ganjar menargetkan, vaksinasi di Jateng harus selesai pada Desember tahun ini, sehingga proses booster vaksin atau pemberian dosis ketiga vaksin korona dapat dijalankan di awal 2021."

Astri Yuanasari

24102021. ANTARA FOTO Irfan Anshori
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Mensos Tri Rismaharini berkunjung ke Makam Presiden Soekarno, Blitar, Jawa Timur. (24/10/21). (Foto: Antara/Irfan Anshori)

KBR, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengklaim daerahnya siap menghadapi potensi lonjakan mobilitas masyarakat pada liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Ganjar mengatakan sudah menyiapkan berbagai tindakan mitigasi untuk mengantisipasi naiknya kasus positif Covid-19 pada awal tahun depan. 

Tindakan mitigasi yang dimaksud Ganjar di antaranya, percepatan vaksinasi, pembatasan mobilitas yang dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, serta pengawasan disiplin protokol kesehatan masyarakat.

Ganjar menargetkan, vaksinasi di Jateng harus selesai pada Desember tahun ini, sehingga proses booster vaksin atau pemberian dosis ketiga vaksin korona dapat dijalankan di awal 2022.

Baca Juga:

Langkah lain adalah melakukan pembatasan pergerakan masyarakat, khususnya di hari libur nasional, termasuk natal dan tahun baru. Langkah itu, akan diiringi dengan penegakan protokol kesehatan pada setiap aktivitas masyarakat. 

Selain itu, kata Ganjar, Jawa Tengah juga telah memiliki alat whole genome sequencing guna mendeteksi penyebaran mutasi baru virus Covid-19 dengan lebih cepat.

"Minimal tetap pakai masker, itu yang terpenting untuk melakukan pencegahan.Nah, disamping itu, Jawa Tengah sudah beli alat whole genome sequencing untuk testing, maka kita akan mengambil sampling-sampling untuk mendeteksi secara dini," kata Ganjar saat dihubungi KBR, Selasa (9/11/2021).

Ganjar mengatakan pengawasan protokol kesehatan setiap hari dilakukan dengan mengerahkan aparat dan Satpol PP di tempat umum, kawasan wisata, dan pusat keramaian. 

Nantinya, jika terjadi angka lonjakan mobilitas pada liburan Nataru, pihaknya akan menambah jumlah personel untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan ke sejumlah titik di Jateng.

Editor: Ranu Arasyki

  • lonjakan mobilitas
  • Libur Nataru
  • ganjar pranowo
  • gelombang ketiga COVID-19
  • Jawa Tengah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!