BERITA

Kebakaran Lahan di Kawasan Perhutani, Lagi Terjadi di Bondowoso

"Tim sudah diterjunkan untuk padamkan api."

Friska Kalia

Kebakaran Lahan di Kawasan Perhutani, Lagi Terjadi di Bondowoso
Kebakaran hutan di petak 24 RPH Tanah Wulan yang tampak dari kawasan kota Bondowoso, Rabu (4/11/2015) (Foto: Friska Kalia/KBR)

KBR, Bondowoso– Kebakaran kembali menghanguskan lahan milik Perum Perhutani di Kawasan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso, Jawa Timur. Kebakaran terjadi sejak Selasa sore kemarin di petak 24 RPH Tanah Wulan. Hingga hari ini kebakaran belum bisa dipadamkan. 

Juru bicara Perum Perhutani Bondowoso, Abdul Ghani mengatakan pihaknya sudah menerjunkan personel untuk memadamkan api. Namun pemadaman butuh waktu lama karena titik api susah dijangkau.

“Kebakaran terjadi di petak 24 RPH Tanah Wulan. Terjadi sejak kemarin sore, Cuma penyebabnya belum kita ketahui apakah karena ulah manusia atau terbakar karena kondisi hutan yang penuh ilalang,” kata Abdul Ghani kepada KBR, Rabu (4/11/2015).

Lokasi kebakaran kali ini terletak tak jauh dari lokasi kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu di lereng gunung Argopuro. Hingga kini belum diketahui berapa luas lahan yang terbakar. Perum Perhutani KPH Bondowoso menerapkan sistem ilaran atau sekat bakar untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan lindung di sejumlah titik. Penerapan sistem sekat bakar sudah dilakukan di beberapa titik dan terbukti efektif menghentikan dan mencegah kebakaran meluas.

Editor: Dimas Rizky

  • lingkungan hidup
  • kebakaran hutan dan lahan
  • kabut asap
  • berita

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!