NUSANTARA

Warga Syiah Tolak Dipindahkan, Menag: Agar Tercipta Kesepahaman

"Pemerintah berdalih pemindahan warga Syiah dari rumah susun di Sidoarjo ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, dilakukan agar tercipta kesepahaman antara warga dan pemerintah setempat."

Eli Kamilah

Warga Syiah Tolak Dipindahkan, Menag: Agar Tercipta Kesepahaman
Warga Syiah, Menag, Sukolilo

KBR68H, Jakarta- Pemerintah berdalih pemindahan warga Syiah dari rumah susun di Sidoarjo ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya, dilakukan agar tercipta kesepahaman antara warga dan pemerintah setempat.

Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan kesepahaman itu penting dilakukan agar tak ada lagi permusuhan diantara kaum Syiah dan non-Syiah. Namun kata dia, warga Syiah telah menolak untuk dipindahkan ke Sukolilo.

"Dari 64 KK, yang mau pulang, itu cuma 19 KK. Ketika mereka mau dibawa ke Asrama Haji itu, itu yang lain menolak, kalau mau bawa jangan separo-separo, itu mereka bilang. Sampai saat ini saya belum tahu selanjutnya," kata SDA di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (12/11).

Suryadharma Ali menambahkan pemerintah telah menargetkan 3 Desember mendatang pemukiman Syiah yang dibakar, sudah selesai dibangun. Lanjutnya kata dia, pihaknya ingin membangun kedekatan terlebih dahulu dengan para warga sebelum kembali ke kampung halamannya.

Editor: Anto Sidharta

  • Warga Syiah
  • Menag
  • Sukolilo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!