NUSANTARA

Ribuan Warga Meninggal Terserang DBD, Balikpapan Waspada

"KBR68H, Balikpapan "

Teddy Rumengan

Ribuan Warga Meninggal Terserang DBD, Balikpapan Waspada
DBD, penyakit, nyamuk, balikpapan

KBR68H, Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah menjelang peralihan musim.

Hingga kini sudah ribuan warga terserang penyakit mematikan itu. Pada usia balita rata rata meninggal dunia. Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani memperkirakan, jumlah itu akan terus meningkat hingga akhir tahun.

"DBD naik (jumlahnya), DBD sekarang 1.296 dengan tujuh orang anak meninggal, balita dengan anak sekolah. Tahun lalu 1.045 dengan tiga orang kematian, ini belum akhir tahun, Balikpapan Kota, Balikpapan Utara, Balikpapan Selatan, daerah yang padat penduduk," kata Dyah Muryani.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani menambahkan, perubahan cuaca disebut menjadi salah satu faktor tingginya kasus DBD yang diderita masyarakat, khususnya mereka yang tinggal diwilayah padat padat penduduk yakni Balikpapan Kota, Balikpapan Utara dan Balikpapan selatan. Meski begitu, kata Dyah, rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan, khususnya melakukan 3-M yakni menguras, menutup dan mengubur, dintaranya menjaga kebersihan lingkungan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • DBD
  • penyakit
  • nyamuk
  • balikpapan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!