NUSANTARA

Izin Konservasi Penyu di Bali Tak Diperpanjang

"KBR68H, Denpasar - Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu (TCEC) memprotes sikap Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali yang tidak memperpanjang izin konservasi pelestarian penyu. Pasalnya, BKSDA tidak memberikan alasan mengenai penghentian izi"

Muliartha

Izin Konservasi Penyu di Bali Tak Diperpanjang
penyu, bali

KBR68H, Denpasar - Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu (TCEC) memprotes sikap Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali yang tidak memperpanjang izin konservasi pelestarian penyu. Pasalnya, BKSDA tidak memberikan alasan mengenai penghentian izin konservasi itu.

Menurut Ketua TCEC, Wayan Geria, lembaganya ini merupakan gagasan Pemerintah Provinsi Bali. Mereka menyediakan penyu hasil penangkaran untuk digunakan kegiatan upacara. Itu dilakukan agar masyarakat tidak mengambil penyu dari alam.

"Awalnya adalah untuk mendukung bagaimana umat Hindu Bali memakai Penyu sebagai sarana upacara itu tidak menangkap di alam, solusinya adalah bagaimana penangkaran dengan menetaskan telur penyu untuk dibesarkan,” kata Wayan Geria

Ketua TCEC Wayan Geria menambahkan, selama ini lembaganya tidak menerima dana sepeserpun dari negara. Pembiayaan Pusat Konservasi Penyu ini ditopang oleh dana sumbangan wisatawan yang berkunjung dan dari kegiatan pendidikan dan pelatihan pelestarian penyu.

Editor: Suryawijayanti
 

  • penyu
  • bali

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!