NUSANTARA

Desember, BPBD Aceh Tengah Bangun 5 Ribu Rumah Tahan Gempa

"KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah mengajukan anggaran pembangunan lima ribu rumah rusak akibat gempa awal Juli lalu"

Guruh Dwi Rianto

Desember, BPBD Aceh Tengah Bangun 5 Ribu Rumah Tahan Gempa
Dsember, BPBD Aceh Tengah Bangun 5 Ribu Rumah Tahan Gempa

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah mengajukan anggaran pembangunan lima ribu rumah rusak akibat gempa awal Juli lalu. Kepala BPBD Aceh Tengah, Subhan Sahara mengatakan, akhir Desember nanti pembangunan itu sudah bisa dikerjakan. Subhan menambahkan, BNPB akan mengerahkan fasilitator untuk mendampingi pembangunan kembali rumah tersebut.

"Fasilitator itu rekrutan BNPB. Ada sekitar 200an orang mendampingi rumah-rumah penduduk supaya rumah itu ramah gempa," ungkap Kepala BPBD Aceh Tengah Subhan Sahara ketika dihubungi KBR68H, Selasa (26/11).

Subhan Sahara menambahkan, perbaikan rumah rusak diutamakan pada rumah yang rusak berat dan sedang. Menurutnya, tidak ada target anggaran untuk perbaikan itu. Sebab, dana akan menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengklaim kerugian akibat Gempa 6,2 skala Ritcher yang mengguncang Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah Provinsi Aceh pada 2 Juli 2013 lalu mencapai Rp 1,3 triliun lebih. Bencana ini mengakibatkan puluhan orang tewas.

Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Dsember
  • BPBD Aceh Tengah Bangun 5 Ribu Rumah Tahan Gempa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!