NUSANTARA

Dana Otsus Tahap Ketiga di Papua Disalurkan

"Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua mengaku telah menggelontorkan dana Otonomi Khusus (Otsus) tahap ketiga untuk 29 kabupaten/kota. Walau ada beberapa kabupaten yang telat mengirimkan laporan pertanggungjawabannya, seperti Kabupaten M"

Radio Swara Nusa Bahagia

Dana Otsus Tahap Ketiga di Papua Disalurkan
Dana Otsus, Tahap Ketiga, Papua

KBR68H, Jayapura- Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua mengaku telah menggelontorkan dana Otonomi Khusus (Otsus) tahap ketiga untuk 29 kabupaten/kota. Walau ada beberapa kabupaten yang telat mengirimkan laporan pertanggungjawabannya, seperti Kabupaten Mapii dan Puncak, namun penyaluran dana telah direalisasikan.

Kepala BPKAD Provinsi Papua, Benyamin Arisoy mengatakan, penyaluran dana Otsus tahap ketiga senilai Rp 1,2 triliun telah disalurkan sejak Oktober lalu ke masing-masing kas kabupaten/kota.

“Evaluasi dana otsus, saya kira otsus, Respek (Rencana Strategis Pembangunan Kampung, red.) sudah terkirim. 100 persen sudah terkirim dari kas daerah sudah keluar ke rekening BPMK untuk ditransfer  ke kabupaten/kota. Yang Mappi yang (awalnya) belum, kita sudah kirim, karena laporannya sudah masuk,” katanya.

Alokasi dana otsus Papua tahun ini mencapai Rp 4,3 triliun atau setara 2 persen dari total Dana Alokasi Umum (DAU) nasional. Pembagian dana otsus tahun ini adalah 40:60 ; sebanyak 40 persen dikelola oleh provinsi, sisanya dikelola oleh kabupaten/kota. Dalam tahun ini, sekitar Rp 1,5 triliun dana otsus dikelola oleh provinsi, sisanya sekitar Rp 2, 3 triliun dikelola oleh kabupaten/kota. Sementara sisanya sekitar Rp 515 miliar digunakan untuk dana pembangunan pada 3000-an lebih kampung di Papua

Tahun depan, pemda setempat akan mengubah alokasi penyaluran dana otsus menjadi 20:80, artinya 20 persen dikelola oleh provinsi, sisanya dikelola oleh kabupaten/kota. Berubahnya alokasi dana lebih besar ke kabupaten agar dana otsus lebih membawa manfaat bagi masyarakat di kabupaten/kota. (Katharina Lita)

Editor: Anto Sidharta

  • Dana Otsus
  • Tahap Ketiga
  • Papua

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!