Bagikan:

Banjir di Aceh Meluas di 4 Kabupaten/Kota

"Berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk memastikan keselamatan warga dan pelayanan dasar mereka yang mengungsi,”

NUSANTARA

Kamis, 06 Okt 2022 15:36 WIB

banjir

Banjir rendam Mapolsek Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (6/10/11). (KBR/Erwin Jalaluddin)

KBR, Aceh– Bencana alam banjir terjadi di wilayah Provinsi Aceh, terus meluas, Kamis (6/10). Setelah Kabupaten Aceh Utara, kini giliran tetangganya yang dikepung banjir, yaitu Kota Lhokseumawe, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas   menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di setiap kabupaten/kota yang terkena dampak untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang masih terjebak di lokasi banjir.

Kata Dia, selain permasalahan keselamatan warga juga kabupaten bersangkutan harus menjamin kebutuhan sandang pangan di daerah bencana, guna mengantisipasi jatuhnya korban jiwa.

”Untuk upaya penanganan banjir khususnya di Aceh, ya memang banjir ini Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah prediksi curah hujan tinggi. Kita (BPBA-red) berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk memastikan keselamatan warga dan pelayanan dasar mereka yang mengungsi,” kata Ilyas menjawab KBR, Kamis (6/10).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Ilyas melanjutkan, Pemprov Aceh berencana akan memasok bantuan logistik dan sejumlah sarana dan peralatan tambahan lain bagi korban banjir.

Kata dia, dari empat kabupaten/kota baru Aceh Utara yang sudah mengeluarkan status darurat bencana alam banjir selama 14 hari kedepan.

Baca juga: 

Di Aceh Utara tercatat ada 5.104 keluarga atau 18.160 jiwa yang mengungsi akibat bencana alam banjir. Warga terdampak banjir tersebar di 12 kecamatan, yaitu Pirak Timu, Matangkuli, Paya Bakong, Lhoksukon, Cot Girek, Tanah Luas, Langkahan, Dewantara, Samudera, Nisam, Muara Batu, dan Geureudong Pase.

Sementara Kota Lhokseumawe banjir menerjang satu kecamatan di Blang Mangat dan Aceh Timur satu kecamatan di Pante Bidari.

Kemudian, untuk Kabupaten Aceh Tamiang yang terkena dampak banjir 4 kecamatan, yaitu Sangkerak, Kejuruan Muda, Bandar Pusaka, dan Kota Kuala Simpang.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Polri Meningkatkan Kembali Kepercayaan Publik

Most Popular / Trending