NUSANTARA

Sulut Waspada Rabies, Puluhan Tewas

"KBR68H, Manado - Kasus rabies mengancam provinsi Sulawesi Utara. Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Nora Lumenntut mengatakan, sejak Januari sampai September 2013, sudah ada lebih dari 1,900 kasus gigitan anjing. S"

Zulkifli Madina

Sulut Waspada Rabies, Puluhan Tewas
rabies, sulut

KBR68H, Manado - Kasus rabies mengancam provinsi Sulawesi Utara. Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Nora Lumenntut mengatakan, sejak Januari sampai September 2013, sudah ada lebih dari 1,900 kasus gigitan anjing. Sekitar 26 orang positif rabies meninggal.

“Kasus gigitan hewan penular rabies untuk Provinsi Sulut, mulai Januari sampai September 2013 sudah ada 1922 kasus gigitan, dan 26 diantaranya positif rabies meninggal dan kita ketahui bersama bahwa seseorang positif Rabies angka kematiannya seratus persen," kata Nora Lumentut.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Nora Lumenntut menghimbau kepada masyarakat pemilik hewan, khususnya anjing agar melakukan vaksinasi dan tidak membiarkan hewan tersebut berkeliaran.

Pemerintah Provinsi Sulut sebetulnya sudah memiliki Peraturan Gubernur tentang Pemeliharaan Hewan Beresiko Rabies. Pergub itu berisi kewajiban kepada para pemilik hewan anjing untuk memberikan vaksin dan di kurung atau di ikat. Namun banyak warga pemelihara anjing tidak menerapkan aturan tersebut.

Editor: Suryawijayanti

  • rabies
  • sulut

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!