NUSANTARA

Pegiat Sejarah: Darurat, Perbaikan Bekas Markas SI Merah !

"KBR68H, Jakarta - Komunitas Pegiat Sejarah meminta pemerintah kota dan Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah mengizinkan upaya swadaya untuk perbaikan gedung bekas sekretariat Sarekat Islam Semarang."

Guruh Dwi Riyanto

Pegiat Sejarah: Darurat, Perbaikan Bekas Markas SI Merah !
markas syarikat islam, perbaikan gedung, sejarah


KBR68H, Jakarta - Komunitas Pegiat Sejarah meminta pemerintah kota dan Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah mengizinkan upaya swadaya untuk perbaikan gedung bekas sekretariat Sarekat Islam Semarang. Anggota Komunitas itu, Rukardi mengatakan, perbaikan sementara  bertujuan untuk mencegah gedung bersejarah itu ambruk. Sebab, gedung yang berusia hampir seabad itu lama tak mengalami perawatan.

"Karena kondisinya sudah menghawatirkan, kami dari komunitas pegiat sejarah semarang melakukan upaya penyelamatan sementara biar tidak ambruk. Sampai sekarang setahu tidak ada perbaikan gedung. Mungkin pernah sekitar tahun 80an bagian depannya diubah. Terakhir 2008 ketika atapnya roboh, bocor dan kemudian tidak digunakan hingga sekarang.

Keberadaan gedung bekas sekretariat Sarekat Islam di Semarang terancam ambruk. Selain itu, yayasan yang mengklaim memiliki tanah itu berencana menghancurkan gedung tersebut. Padahal, Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah tengah melakukan penelitian terhadap gedung itu untuk penetapan sebagai cagar budaya. (Baca juga: Sultan HB X: Laporkan ke Polisi Perusak Cagar Budaya)

Editor: Nanda Hidayat

  • markas syarikat islam
  • perbaikan gedung
  • sejarah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!