covid-19

Masuk RPJMD, Balikpapan Gratiskan Seragam Sekolah & Biaya BPJS Kesehatan Kelas 3

Meski begitu, DPRD Balikpapan menolak menganggarkan biaya premi BPJS Kesehatan kelas 3 bagi puluhan ribu warga yang menunggak iuran, yang nilainya mencapai Rp 45 miliar.

BERITA | NUSANTARA

Jumat, 06 Agus 2021 15:55 WIB

Masuk RPJMD, Balikpapan Gratiskan Seragam Sekolah & Biaya BPJS Kesehatan Kelas 3

Ilustrasi - Seorang anak mencoba seragam baru SD di sebuah toko seragam sekolah. (Foto: ANTARA/Ardiansyah)

KBR, Balikpapan – Di masa pandemi COVID-19, DPRD Kota Balikpapan dan Pemerintah Kota sepakat menganggarkan biaya untuk seragam sekolah gratis dan BPJS Kesehatan Kelas 3 gratis.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, program bantuan seragam sekolah dan BPJS kesehatan kelas 3 gratis itu telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Balikpapan 2021-2026.

Untuk program seragam sekolah gratis, Pemda dan DPRD sepakat mengalokasikan anggaran Rp22 miliar, sedangkan untuk tanggungan biaya BPJS Kesehatan kelas 3 gratis, dana dialokasikan sebesar Rp61 miliar. Namun semua baru direalisaikan tahun 2022.

Meski begitu, DPRD Balikpapan menolak menganggarkan biaya premi BPJS Kesehatan kelas 3 bagi puluhan ribu warga yang menunggak iuran, yang nilainya mencapai Rp 45 miliar.

Abdulloh mengatakan warga yang menunggak premi BPJS kesehatan harus menyelesaikan sendiri tunggakannya. Yang akan ditanggung pemerintah daerah hanya biaya di tahun anggaran berjalan.

“Insyaallah terpenuhi, seragam sekolah Insya Allah terpenuhi. Sudah kami alokasikan sekitar Rp22 miliar. Kemudian BPJS (kesehatan) kami sudah pastikan sudah dialokasikan Rp61 miliar, untuk kepentingan masyarakat, membantu kepentingan masyarakat, BPJS kelas 3 (peserta) mandiri,” ujar Abdulloh, Jumat (6/8/2021).

Sementara itu, Ketua Pansus RPJMD DPRD Kota Balikpapan Syukri Wahid mengatakan program BPJS Kesehatan gratis terancam gagal, karena BPJS tak mungkin mengaktifkan premi, jika tunggakan iuran sebelumnya tidak dilunasi.

Warga yang tak melunasi tunggakan iuran kemungkinan tidak bisa masuk dalam program BPJS Kesehatan kelas 3 gratis.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Say No To Drugs

Kabar Baru Jam 7

Aksi Remaja Tanpa Narkoba

Coki Pardede, Narkoba, dan Kreativitas

Kabar Baru Jam 8